Jakarta (ANTARA) - Hadir di Indonesia menjelang akhir tahun, ponsel menengah Samsung Galaxy M34 5G layak jadi gawai pilihan, terlebih bagi kalian yang merencanakan liburan Natal dan tahun baru dengan segudang momen indah yang diharapkan.

Dibekali kamera depan 13 megapiksel dan triple camera di belakang yang masing-masing bersensor 8MP ultra wide, 50MP kamera utama dengan Optical Image Stabilization (OIS), dan 2MP macro camera, Galaxy M34 5G mampu menyajikan foto-foto berkualitas tinggi.

Merekam momen kebersamaan saat liburan pun menjadi makin menyenangkan lantaran karena ponsel ini mampu menghasilkan video resolusi UHD 4K (3840x2160) dengan 30 frames per second. Di sini, Anda akan terbantu dengan fitur OIS, sehingga video yang dihasilkan lebih "anteng" minim goyang.

Buat Anda yang tak menunda lama membagikan momen indah ke media sosial, jangan khawatir, karena ada fitur edit video bawaan Android yang cukup mudah dioperasikan. Tersedia ketika Anda membuka file video di Galeri, dengan menekan tombol gambar pensil, edit video menjadi lebih mudah.

Fungsi-fungsi yang tersedia pun sangat lah cukup, mulai dari cropping, menambahkan filter dengan banyak pilihan, memotong sebagian dan menghapusnya, mengatur kecerahan gambar, menambah atau mengurangi volume, hingga menambahkan emoji di video bisa dilakukan di ponsel ini.

Baca juga: Samsung usung konsep produk berkelanjutan untuk Galaxy M54 5G

Baca juga: Cek bocoran Samsung Galaxy A25 5G yang disiapkan meluncur

Untuk foto, sebagaimana tersedia di Galaxy A54 5G, di ponsel ini Samsung menyertakan fitur AI Edit, memungkinkan remastering foto atau GIF ke dalam vivid atau gambar resolusi tinggi dengan mudah. Anda juga bisa menyempurnakan foto dengan membuang objek yang tidak diinginkan, bayangan-bayangan, atau refleksi cahaya dengan Objek Eraser.
AI Edit Samsung Galaxy M34 5G (ANTARA/Samsung)


Fitur lain yang sangat membantu di segmen ini adalah Text Extracting. Menghubungi nomor telepon atau memindahkan text yang tertera di objek foto bisa dilakukan dengan simpel tanpa memerlukan pulpen untuk mencatat.

Cukup isolasi (select) nomor atau text yang ada di foto, Anda bisa langsung membagikannya kepada teman, membuat panggilan telepon, atau mengunjungi website jika yang Anda isolasi di foto adalah alamat website tertentu.

Fitur lain yang sepele namun perlu adalah Document scan, yang mungkin sudah menjadi fitur lumrah di ponsel-ponsel Android saat ini.

Performa

Bicara soal performa, Samsung Galaxy M34 5G boleh dibilang "tak perlu diragukan". Dengan bekal chip octa-core kelas menengah Exynos 1280, yang memiliki klaster kinerja dua core ARM Cortex-A78 berkemampuan 2,4 GHz dan klaster enam core ARM Cortex-A55 2 GHz, ponsel ini menawarkan performa lumayan mumpuni.

Dengan dukungan RAM 8 GB dan penyimpanan 128 GB, Samsung Galaxy M34 5G mampu menjalankan tugas multitasking dengan baik, sementara kapasitas baterai besar, 6.000 mAh, membuat Anda tidak khawatir kehabisan baterai dalam menjalankan aktivitas dan tugas di jam kerja.

Untuk penggunaan ringan, daya baterai ponsel ini mampu bertahan hingga 1,5 hari penggunaan, sedangkan untuk penggunaan normal, seperti mengoperasikan Microsoft Office, chatting, selancar web, scrolling media sosial, sebagian membuka dan menonton video medsos, dan lain-lain, bisa bertahan 1 hari.
Bermain games di Samsung Galaxy M34 5G (ANTARA/Samsung)


Meskipun ini bukan ponsel gaming, Samsung Galaxy M34 5G cukup bisa diandalkan untuk memainkan game, bahkan yang lumayan berat seperti PUBG Mobile. Ketika dicoba untuk memainkan PUBG Mobile, ponsel ini bisa menyajikannya dengan baik, gambar tampil jernih dan permainan berjalan dengan lancar dan smooth.

Itu juga berkat GPU Arm Mali-G68 berbasis Valhall Exynos 1280, sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan performa grafis buruk yang merusak game. Arm Mali-G68 dirancang untuk mendukung grafis terbaik dalam game seluler, dan telah dioptimalkan dengan Fused Multiply-Add (FMA) yang menawarkan konsumsi daya dan masa pakai baterai yang lebih baik.
Game Booster di Samsung Galaxy M34 5G (ANTARA/Samsung)


Di segmen ini, Anda bisa menemukan fitur Game Booster, dengan cara menyapu bagian atas layar ke bawah untuk memunculkan menunya. Di Game Booster, Anda bisa menemukan menu Priority mode, yang bisa diaktifkan agar Anda tidak terganggu oleh panggilan telepon masuk, notifikasi, terkecuali alarm, ketika memainkan game.

Baca juga: Samsung bantah rumor tengah kerjakan ponsel lipat "mid-range"

Menu lain yang tersedia antara lain Game Optimization untuk meningkatkan performa, kemudian pemantuan temperatur ponsel, penggunaan memori, hingga berapa lama lagi daya baterai bertahan.

Operating System

Dijalankan dengan sistem operasi Android 13/One UI 5.1, Samsung Galaxy M34 5G menyuguhkan pilihan pengaturan yang lebih personal (personalized). Hal itu tampak antara lain pada pengaturan Mode & Routines, misalnya, di mana Anda bisa mengatur jadwal tidur, menonton film atau video, menerapkan mode berkendara, sedang latihan/olahraga, rileks, dan juga kerja.

Pada tab Routines, Anda bisa memasukkan aktivitas rutin harian, sehingga Anda akan diingatkan pada saat memasuki jadwal kegiatan harian tertentu.

Di menu Display, selain bisa mengatur mode layar terang atau gelap, Anda juga bisa mengaktifkan Adaptive Brightness, mengatur Motion Smoothness tinggi atau rendah, mengaktifkan Eye Comfort Shield untuk kenyamanan mata, dan juga mode layar (Screen mode) untuk memilih jenis warna pada tampilan layar.
Pengaturan di Samsung Galaxy M34 5G (ANTARA/Samsung)


Pengaturan lainnya, antara lain termasuk ukuran dan gaya font, Screen Zoom untuk membesarkan tampilan, Full Screen Apps yang berfungsi untuk menentukan aplikasi apa saja yang dijalankan secara layar penuh, hingga mengatur apa yang ingin Anda tampilkan layar bagian atas.

Kemudian ada Side Key untuk memunculkan aplikasi kamera atau membuka aplikasi lain dengan cepat dengan hanya menyapu layar dari kanan ke kiri menggunakan ujung jempol Anda.

Baca juga: Cover screen lebih luas! Buat konten lebih seru dengan Galaxy Z Flip5

Desain

Meski didesain dengan konsep sederhana, Samsung Galaxy M34 5G yang memiliki layar 6,5 inci FHD+ Super AMOLED 120Hz ini tampil cukup berdaya. Sudut-sudutnya lebih lengkung sehingga lebih nyaman dalam genggaman, sementara kamera belakangnya berdesain tiga bulatan sejajar dari atas ke bawah di sisi kiri bagian belakang atas.

Cangkang belakangnya yang glossy memberinya kesan mewah dan elegan, sedangkan kamera depannya berdesain teardrop yang tak banyak menyita ruang di layar.

Satu lagi yang unik dari ponsel ini adalah sensor sidik jarinya yang ditempatkan menyatu dengan tombol power on/off. Untuk membuat kunci layar dengan sidik jari, Anda perlu membuka pengaturan pengunci layar, membuat kunci pola, baru kemudian mengaktifkan pengenalan sidik jari.
Samsung Galaxy M34 5G (ANTARA/Samsung)


Dengan menempelkan ujung ibu jari atau telunjuk beberapa kali ke tombol on/off, Samsung Galaxy M34 5G akan merekam sidik jari Anda sebagai pengaman pengunci layar. Jika sudah terekam penuh dan pengaturan selesai, untuk membuka layar dengan sidik jari, Anda cukup menempelkan ujung jari ke tombol on/off.

Samsung menawarkan opsi juga untuk menggunakan jari yang lain sebagai pengunci sidik jari kedua. Anda bisa menggunakan ibu jari dan telunjuk sebagai opsi sidik jari untuk pembuka layar.

Berbanderol hanya Rp3,999 juta dan keunggulan kapasitas daya baterainya, Samsung Galaxy M34 5G sepertinya layak untuk menjadi ponsel kelas menengah pilihan Anda yang cukup bergaya.

Baca juga: Mengupas desain dan jeroan Samsung Galaxy M34 5G

Baca juga: Ini fitur wajib tahu di Galaxy Z Fold5, si jagoan multitasking!

Baca juga: Cara bikin Samsung Galaxy Z Flip5 jadi lebih kece dan "stylish"

Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023