Jakarta (ANTARA) - Empat anggota BTS akan memulai wajib militer pada pekan ini selama 18 bulan, menyusul tiga anggota lainnya yang sudah lebih dulu memulai wajib militer.

Para penggemar tidak sabar menunggu penampilan mereka sebagai grup pada 2025 mendatang. Sekelompok penggemar rela berada di bawah hujan untuk mengucapkan selamat tinggal untuk sementara pada Senin (11/12), kepada pemimpin BTS RM serta sang vokalis V, di depan kamp pelatihan mereka di pusat Kota Nonsan, Korea Selatan, seperti diberitakan Reuters.

"Saya pikir saya akan baik-baik saja kecuali satu hal, bahwa saya tidak akan dapat membuat kenangan indah bersama kalian untuk sementara waktu. Itu merupakan bagian tersulit," tulis V BTS di platform penggemar Weverse.

Baca juga: RM dan V BTS terima dukungan dari sahabat saat pendaftaran wamil

V BTS juga mendoakan para penggemar baik-baik saja dan bahagia. RM juga menuliskan bahwa ia mungkin akan kesepian untuk sementara waktu, namun 18 bulan selama wajib militer menjadi kesempatan baginya untuk memperoleh inspirasi baru dan mempelajari hal-hal baru.

Kantor Berita Yonhap menuliskan bahwa dua personel BTS lainnya, Jimin dan Jung Kook akan menyusul RM dan V. Keduanya memulai wajib militer pada Selasa, sementara tiga anggota BTS lainnya diberikan hari libur.

Seluruh pria Korea Selatan berbadan sehat berusia 18-28 tahun wajib menjalani wajib militer selama sekitar dua tahun. Aturan tersebut adalah antisipasi terhadap Korea Utara yang memiliki senjata nuklir.

Sejak mengumumkan istirahat dari proyek grup pada Juni 2022, anggota BTS telah melakukan aktivitas solo sebelum memulai wajib militer. Jin, anggota tertua BTS telah memulai wajib militer pada Desember tahun lalu, diikuti oleh J-Hope pada bulan April dan Suga pada bulan Agustus.

Kesuksesan BTS secara global telah memicu perdebatan mengenai apakah artis K-Pop harus diizinkan untuk tugas militer dalam jangka waktu yang lebih pendek. Hal tersebut merupakan sebuah keuntungan yang diberikan kepada peraih medali Olimpiade dan Asian Games serta beberapa musisi klasik dengan prestasi internasional.

Baca juga: RM BTS tulis pesan untuk penggemar jelang pendaftaran wamil

Baca juga: V BTS dan Jennie BLACKPINK dikabarkan putus

Baca juga: Dowoon DAY6 resmi selesaikan wajib militernya hari ini

Baca juga: Penggemar Kai EXO diminta tak kirimi sang idola surat selama wamil


Pewarta: Rina Nur Anggraini
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023