Jakarta (ANTARA) - Peristiwa penting dan menarik terjadi di Jakarta selama sepekan terakhir mulai dari kasus positif COVID-19 di Jakarta, faktor penyebab kenaikan COVID-19, hingga Perumda Pasar Jaya memastikan ketersediaan stok cabai aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Natal dan Tahun Baru 2024.
 
Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca kembali:
 
1. Kasus positif COVID-19 di Jakarta pekan ini 200 kasus per hari
 
Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyebutkan kasus positif COVID-19 di Jakarta pada pekan ini tercatat sekitar 200 kasus per hari.
 
"Hampir 90 persen kasus positif COVID-19 di Jakarta adalah orang tanpa gejala (OTG) dan bergejala ringan, isoman 3-5 hari di rumah akan sembuh," kata Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Ngabila Salama di Jakarta, Minggu.
 
Berita selengkapnya klik di sini
 
2. Berikut tiga penyebab naiknya COVID-19 menurut Dinkes DKI
 
Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menyebut peralihan musim atau pancaroba menjadi salah satu penyebab naiknya angka kasus COVID-19 selain dua faktor lainnya yang juga menjadi pendorong kasus tersebut terus meningkat.
 
"Jadi ada tiga faktor yaitu pertama pancaroba atau peralihan musim, sehingga imunitas seseorang menurun akibat udara yang lembab," kata Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Ngabila Salama saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.
 
Berita selengkapnya klik di sini
 
3. Tak ada pembatasan penumpang saat libur Natal dan tahun baru
 
Dinas Perhubungan DKI menyatakan tidak ada pembatasan kapasitas penumpang angkutan umum pada saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 meskipun kasus COVID-19 saat ini kembali naik.
 
"Sampai saat ini tidak ada pembatasan kapasitas pada angkutan darat, masih sama. Tentu kami harapkan penumpang menggunakan masker saat berada dalam bus," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.
 
Berita selengkapnya klik di sini
 
4. DKI bangun dua jaringan pipa air limbah di Jakut
 
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membangun dua jaringan pipa air limbah melalui "Jakarta Sewerage Development Project" (JSDP) di kawasan Pluit, Jakarta Utara, yang rampung pada 2027.
 
"Kegiatan ini akan berlangsung dari 2023 sampai dengan 2027," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Ika Agustin Ningrum saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.
 
Berita selengkapnya klik di sini
 
5. Pasar Jaya pastikan stok cabai aman jelang Natal dan tahun baru
 
Perumda Pasar Jaya memastikan ketersediaan stok cabai aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Natal dan Tahun Baru 2024.

"Masih aman menjelang Natal dan tahun baru," kata Manajer Hubungan Masyarakat Perumda Pasar Jaya Agus Lamun saat dihubungi di Jakarta, Selasa.
 
Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023