PT SPSL tetap fokus pada aktivitas bisnis dan operasional klaster logistic dan hinterland. Namun di sisi lain, SPSL juga berkomitmen menjalankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang secara langsung memengaruhi aspek kehidupan masy
Jakarta (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) melalui subholding PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL) turut mendukung upaya pemerintah mempercepat penurunan angka stunting atau tengkes, nasional melalui program Gerakan Anti Stunting, Keluarga Harapan (GASKEN).

“PT SPSL tetap fokus pada aktivitas bisnis dan operasional klaster logistic dan hinterland. Namun di sisi lain, SPSL juga berkomitmen menjalankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang secara langsung memengaruhi aspek kehidupan masyarakat," kata Senior Vice President Sekretariat Perusahaan SPSL Kiki M. Hikmat di Jakarta, Selasa.

Kiki mengatakan, program GASKEN berupaya ambil bagian dalam mencegah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak Indonesia, khususnya yang berada di sekitar wilayah operasi perusahaan.

Program GASKEN dirancang untuk mengakomodasi 100 orang balita di wilayah Jakarta Utara.

SPSL menitikberatkan program kesehatan dengan menyediakan 15 unit timbangan bayi digital, pemeriksaan kesehatan gratis, penyuluhan kesehatan, dan paket PMT (Pemberian Makanan Tambahan).

Menurut dia, SPSL bertekad menyukseskan target pemerintah dalam menurunkan prevalensi tengkes menjadi 14 persen pada 2024.

"Kami berharap melalui semangat kolaborasi, sedapat mungkin kita mampu mensukseskan percepatan penurunan tengkes nasional,” ujarnya.

Lebih lanjut Kiki menyampaikan, program GASKEN yang diinisiasi SPSL sejalan dengan tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), terutama pada tujuan ketiga yaitu kesehatan yang baik dan kesejahteraan (good health and well being).

Program ini diarahkan untuk memberikan layanan kesehatan kepada balita, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pencegahan tengkes dan pneumonia, serta meningkatkan kualitas kesehatan anak-anak.

Dalam upaya menunjang tujuan pembangunan berkelanjutan, SPSL secara konsisten melaksanakan program TJSL di bidang kesehatan sebagai bagian dari upaya mempercepat kesejahteraan masyarakat.

Ia menambahkan, SPSL sebagai bagian dari Pelindo Group akan terus melaksanakan program TJSL dengan prinsip terintegrasi, terarah, terukur, dan bertanggung jawab.

Hal ini dilakukan dengan fokus pada empat pilar yaitu sosial, ekonomi, lingkungan, dan tata kelola hukum.

Sementara itu, Lurah Kelurahan Rawa Badak Utara Nani menyambut baik langkah SPSL Group dalam program TJSL GASKEN.

Ia mengapresiasi kolaborasi yang dinilai sangat bermanfaat mendukung program pemerintah dalam menurunkan angka tengkes. Terlebih lagi, kegiatan ini dilakukan seiring dengan peringatan Hari Ibu ke-95.

"Diharapkan melalui kegiatan ini, negara dapat menjadi lebih kuat dan maju berkat peran Ibu-ibu yang melahirkan generasi penerus bangsa. Kami mengucapkan terima kasih kepada SPSL Group atas kontribusi menurunkan angka tengkes di Indonesia. Timbangan yang diberikan akan kami distribusikan ke posyandu di Kelurahan Rawa Badak Utara," ujarnya.

Baca juga: Pelindo pantau 24 jam layanan penumpang periode Natal di Benoa Bali

Baca juga: Pertamina Patra Niaga gandeng Pelindo bangun fasilitas energi di Benoa

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023