Taspen tidak hanya melayani ASN yang memasuki masa purna tugas, tetapi juga turut meningkatkan kesejahteraan bagi ASN yang masih aktif
Jakarta (ANTARA) - PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri atau Taspen (Persero) dan Pemerintah Provinsi Jambi melakukan kerja sama pengoptimalan layanan Program Jaminan Sosial.

Kerja sama tersebut di antaranya peningkatan layanan program Taspen, kepesertaan program anak usaha Taspen, jasa perbankan, serta pengelolaan asuransi jiwa kecelakaan diri kumpulan bagi ASN di lingkungan Pemprov Jambi.

Direktur Utama Taspen ANS Kosasih mengatakan bahwa Taspen memahami kebutuhan terkait layanan jaminan sosial, khususnya bagi ASN di seluruh Indonesia.

"Ini bentuk sinergi Taspen dengan Pemprov Jambi dalam memberikan solusi terbaik bagi para ASN, terutama yang mau memasuki purna tugas," katanya di sela penandatanganan kesepakatan bersama (PKB) antara Taspen dan Pemprov Jambi di Jakarta, Selasa.

Kosasih mengatakan Pemprov Jambi merupakan mitra yang potensial bagi Taspen seiring jumlah peserta jaminan sosial di bawah Kantor Cabang Jambi yang mencapai 200.000 peserta.

Oleh karena itu, Taspen mengajak Pemprov Jambi untuk meningkatkan kerja sama melalui layanan jaminan sosial, program perumahan, hingga program kesehatan bagi para ASN.

Menurut dia, Taspen tidak hanya melayani ASN yang memasuki masa purna tugas, tetapi juga turut meningkatkan kesejahteraan bagi ASN yang masih aktif, sehingga turut berdampak positif bagi pembangunan wilayah.

"Jadi, kita bantu yang sudah pensiun, yang aktif juga kita bantu kesejahteraannya. Untuk kesehatan nanti Taspen Life akan hadir tahun 2024 dengan asuransi kesehatan," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Jambi Al Haris mengatakan bahwa komitmen untuk meningkatkan kerja sama semakin terbuka, sejalan dengan kenaikan insentif ASN pada 2024.

"ASN tantangannya semakin berat, tetapi pemerintah juga memberikan insentif kepada mereka. Artinya, pemerintah juga memperhatikan kesejahteraan ASN," katanya.

Al Haris juga menyatakan akan segera menindaklanjuti program perumahan dan kesehatan yang ditawarkan Taspen melalui koordinasi bersama kabupaten/kota di lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi.

Ia berharap kerja sama tersebut memberikan nilai manfaat bagi para ASN dalam melaksanakan kewajiban pelayanan kepada masyarakat.

Berdiri sejak 17 April 1963, Taspen turut berperan aktif dalam kesejahteraan sosial, khususnya bagi ASN di Indonesia.

Taspen memiliki produk dan layanan yang terdiri dari Program Tabungan Hari Tua (THT), Program Pensiun, Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Program Jaminan Kematian (JKM).

Hingga November 2023, telah melayani sebanyak 6,73 juta peserta yang terdiri atas 3,67 juta peserta aktif dan 3,06 juta pensiunan.

Taspen memiliki 57 kantor cabang, 44 mitra bayar dan 17.939 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dalam acara penandatanganan tersebut turut diserahkan satu unit mobil ambulans dari Taspen kepada Pemprov Jambi.

Baca juga: TASPEN tanam 1.000 pohon sebagai komitmen lestarikan lingkungan di NTT
Baca juga: Taspen dan Korpri bersinergi optimalkan layanan jaminan sosial ASN
Baca juga: Taspen raih penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2023

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023