Tangerang (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Tangerang, Polda Banten mengerahkan  sebanyak 312 personel gabungan dalam pengamanan  perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 di daerah itu.

"Kita libatkan dengan total sebanyak 187 personel dari kepolisian dan 125 personel gabungan, baik dari TNI, Dishub, Pol PP, Dinkes dan lain sebagainya untuk bertugas di Pos pengamanan," kata Kabag Ops Polresta Tangerang, Kompol Kosasih di Tangerang, Selasa.

Ia menyampaikan, dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru 2024 secara terperinci, petugas keamanan yang ada akan dibagi menjadi beberapa tim, termasuk untuk memantau dan mengamankan kegiatan keagamaan, mulai tanggal 22-25 Desember 2023 hingga perayaan libur akhir tahun pada 31 Desember sampai 2 Januari 2024.

"Nanti untuk gelar pasukan Operasi Lilin Maung itu mulai 21 Desember 2023 selama 12 hari beroperasi," ucapnya.

Selama operasi pengamanan tersebut,  Polri bersama dengan lembaga terkait di Kabupaten Tangerang siap mengantisipasi adanya hal-hal yang bakal terjadi, seperti kelancaran arus lalu lintas, keamanan dari aksi teror saat ibadah, dan kenyamanan di tempat wisata.

Selain itu, pada pelaksanaannya pihaknya akan fokus melakukan pengamanan di enam pos pengamanan (pospam), seperti di pusat wilayah keramaian seperti di Citra Raya, Adiasa Cisoka, PWS Tigaraksa dan tempat ibadah umat kristiani di Pasar Kemis.

Kemudian, untuk dua pos pelayanan (posyan) disiapkan di KM 43 dan 45, yang disiapkan sebagai pos pelayanan jalur mudik libur Natal dan Tahun Baru.

"Pos ini dikhususkan untuk para pemudik, baik dari jalur Sumatera maupun sebaliknya dari Jawa," ujarnya.

Menurut dia, di masing-masing tempat ibadah atau gereja disiapkan tim khusus dari Satuan Gegana Satbrimob untuk sterilisasi dan pengamanan terutama selama misa atau ibadah Natal.

"Untuk tim Gegana kita siapkan adalah dua tim, yang satu tim, kita tempatkan di wilayah Citra Raya dan satu tim di Pasar Kemis sebagai pusat keramaian dan ibadah," tuturnya.

Kendati demikian, dia mengimbau agar seluruh masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban serta memberikan rasa nyaman bagi masyarakat yang merayakan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2024.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2023