sebagai upaya memberikan rasa aman kepada masyarakat
Jakarta (ANTARA) -
Sebanyak 250 gabungan dari Satpol PP, Polres Metro Jakarta Timur, Kodim 0505/Jaktim, dan Lanud Halim Perdanakusuma mengikuti apel Kesiapsiagaan dalam Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2024.
 
Apel kesiapsiagaan yang diikuti Forum Komunikasi Pimpinan Kota (Forkopimko) itu dipimpin oleh Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M Anwar di halaman Kantor Wali Kota Jaktim, Cakung, Selasa.
 
"Kegiatan ini sebagai upaya memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam menjalani ibadah Natal dan perayaan malam pergantian tahun 2024," kata Anwar.
 
Menurut dia, kesiapsiagaan personel gabungan ini sebagai bentuk sinergi yang baik jajaran Forkopimko dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana dan gangguan keamanan dan ketertiban.
 
"Ini komitmen bersama untuk menjaga stabilitas keamanan dari bentuk kejahatan apa pun. Semua dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat saat perayaan Natal dan tahun baru," ujarnya.
 
Dia menyebutkan, ada delapan poin penting yang harus dipahami dalam pengamanan ini. Pertama, tentang kesiapan sarana dan prasarana Sudin Gulkarmat untuk penanganan banjir dan kebakaran.
 
Kemudian, Sudin Sumber Daya Air, Bina Marga, camat dan lurah serta unit teknis lainnya agar melaksanakan pemeliharaan dan pembersihan drainase, pompa air, saluran air dan tali air.
 
"Ini dalam upaya pencegahan bencana banjir," tegas Anwar.
 
Selanjutnya, para camat dan lurah agar mengajak PPSU, RT. RW, LMK, FKDM, relawan dan ormas yang ada di wilayah masing-masing untuk terlibat dalam penanggulangan bencana serta aktif dan terus memberikan pelatihan dasar evakuasi bencana.
 
"Mereka tentunya harus bekerja sama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait," tuturnya.
 
Poin berikutnya, untuk Sudin Perhubungan agar berkoordinasi dengan kepolisian untuk menginventarisasi titik rawan kemacetan lalu lintas dan penempatan personel, dalam rangka mengurangi kemacetan lalu lintas.
 
Berikutnya adalah bagian Kesejahteraan Rakyat, para camat dan lurah bersama dengan pihak terkait agar melaksanakan patroli keliling ke rumah warga pada saat perayaan Natal dan Tahun Baru, untuk memastikan keamanan wilayah.
 
Anwar juga meminta personel gabungan melakukan penjagaan dan memantau lokasi rawan terjadinya tawuran.
 
Kemudian para camat dan lurah berkoordinasi dengan unsur TNI dan Polri agar melakukan piket bersama pada masa saat Natal dan Tahun Baru, dalam rangka menciptakan rasa aman dan kondusif bagi masyarakat yang merayakan Natal.
 
"Kami juga imbau seluruh pihak agar mewaspadai terjadinya kembali peningkatan kasus COVID-19," kata Anwar.
Kabag Ops Polres Metro Jakarta Timur AKBP Rachmat Eko Mulyadi saat memberikan keterangan pers usai Apel Kesiapsiagaan dalam Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2024 di halaman Kantor Wali Kota Jaktim, Cakung, Selasa (19/12/2023). (ANTARA/Syaiful Hakim)

Sementara itu, Kabag Ops Polres Metro Jakarta Timur AKBP Rachmat Eko Mulyadi menambahkan, pihaknya akan melakukan upaya preventif, mapping tempat ibadah, lokasi hiburan dan pusat perbelanjaan.
 
"Sinergi bersama ini akan kita lanjuti dengan Kamtibmas, untuk menyampaikan pesan Kamtibmas serta berkoordinasi dengan penyelenggara tempat hiburan, pengamanan tempat ibadah, sehingga antisipasi gangguan liburan Natal dan Tahun Baru berjalan optimal," kata Eko.
Baca juga: Legislator desak DKI batasi penumpang saat libur akhir tahun
Baca juga: Legislator desak Dishub DKI periksa kelaikan transportasi publik
Baca juga: DKI kemarin, pengamanan Natal hingga napiter ikrar setia kepada NKRI

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023