Sentani (ANTARA) - Kepolisian Resor Jayapura mengimbau warga setempat tidak membunyikan petasan atau mercon pada saat ibadah perayaan Natal 25 Desember 2023.

Kepala Kepolisian Resor Jayapura Jayapura, AKBP Fredrickus WA Maclarimboen, dalam rilisnya, di Jayapura, Jumat, mengatakan, larangan membunyikan petasan semata-mata untuk memberikan kenyamanan bagi umat kristiani yang sedang melaksanakan kebaktian dan misa Natal baik di pada 24 malam maupun 25 Desember 2023.

Baca juga: Polresta Kendari siapkan personel di seluruh gereja saat Natal 2023

“Kita ingin saat melaksanakan ibadah malam kudus (24 Desember) maupun ibadah Natal pada 25 dan 26 Desember 2023 tidak ada gangguan dari apapun terutama petasan atau mercon,” katanya.

Menurut dia, selain imbauan untuk warga tidak membunyikan petasan, pihaknya juga membuka lima pos penjagaan Operasi Lilin Cartenz 2023. “Lima pos tersebut di antaranya pos pengamanan terpadu Bandar Udara Sentani, Pos Pengamanan Kemiri, Pos Borobudur, Pos Hawai dan Pos Penamanan Pasar Lama Sentani,” ujarnya.

Baca juga: Polres Natuna kolaborasi TNI dalam pengamanan Natal 2023

Ia menjelaskan lima pos pengamanan Operasi Lilin Cartenz 2023 di wilayah hukum Polsek Sentani dan Sentani Timur melibatkan 150 polisi. “Kami mengimbau agar warga Kabupaten Jayapura dapat menjaga Kamtibmas selama perayaan Natal 25 Desember 2023 dan malam pergantian Tahun Baru 2024,” ujarnya.

Ia menambahkan semua elemen masyarakat, tokoh agama, perempuan, pemuda dan adat mari bersama-sama menciptakan kondisi Kamtibmas yang aman dan nyaman selama perayaan Natal dan Tahun Baru. “Keamanan itu bukan tugas polisi dan tentara, tetapi tugas semua lapisan masyarakat di Kabupaten Jayapura,” ujarnya.

Baca juga: Satpol PP kerahkan ribuan personel untuk pengamanan Natal 2023

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023