Saya berharap Pemerintah Provinsi DKI atau Satpol PP DKI betul-betul bisa menjaga aset yang miliknya
Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menjaga aset miliknya terkait aksi warga yang melakukan pemaksaan untuk menempati Kampung Susun Bayam, Jakarta Utara.

"Saya berharap Pemerintah Provinsi DKI atau Satpol PP DKI betul-betul bisa menjaga aset yang miliknya agar tidak ada lagi orang yang bisa masuk," kata Ida di gedung DPRD DKI Jakarta, Jumat.

Ida menilai lemahnya penjagaan dari Pemprov DKI maupun Perseroda PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menjadikan warga bisa dengan mudahnya mengakses rusun tersebut yang sebenarnya belum diizinkan secara resmi.

Padahal, sejumlah warga tersebut sudah diarahkan untuk pindah ke tempat lain yakni Rusun Nagrak sebagai hunian yang lebih layak bagi mereka.

Maka dari itu, dia juga berharap seharusnya warga memiliki kesadaran untuk tidak kembali lagi ke rusun sebelumnya yakni Kampung Susun Bayam.

"Warga yang sudah direlokasi harapannya kan tidak kembali lagi, kalau penjaganya lengah kan mereka masuk lagi," jelasnya.

Maka dari itu, dia berharap agar Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono untuk menindaklanjuti temuan tersebut dengan menginstruksikan para lurah untuk menjaga aset pemerintah.

"Saya berharap Pak Pj Gubernur untuk meminta bantuan atau menugaskan seluruh lurah yang ada di DKI Jakarta untuk menjaga asetnya yang sudah ditempati  penghuni lain," tegasnya.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta tak ada pihak yang mengompori warga eks Kampung Susun Bayam (KSB), Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Jangan ada pihak-pihak yang ngompori, kasihan warga. Saya mengikuti detail persoalan ini," kata Heru di Jakarta Timur, Rabu.

Heru  menanggapi warga eks penghuni Kampung Bayam yang sebelumnya digusur karena adanya pembangunan Jakarta International Stadium (JIS).
Baca juga: Heru minta tak ada pihak yang kompori warga eks Kampung Susun Bayam
Baca juga: Jakpro tegaskan belum memberi izin warga tempati Kampung Susun Bayam
Baca juga: Senator DPD: Heru mampu lakukan pendekatan ke warga eks Kampung Bayam

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023