Yuk sama-sama kita dorong Indonesia agar lebih maju dengan menjadi perempuan yang tangguh.
Jakarta (ANTARA) -
PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) (Taspen) mendukung peran dan kepemimpinan perempuan di dalam perusahaan untuk mendukung Indonesia maju.
 
"Di Hari Ibu ini saya mendorong para Srikandi Taspen Group untuk memberikan kontribusinya  tidak hanya di level korporasi saja, tapi juga mulai dari lingkungan terkecil di keluarga, lingkungan sekitar, sampai akhirnya di daerah tempat anda berdomisili dan juga di seluruh Indonesia,” kata Direktur Utama Taspen ANS Kosasih di Jakarta, Sabtu.
 
Hingga Desember 2023, dari total 1.407 karyawan Taspen, sebanyak 46 persen diisi oleh pegawai perempuan dan 54 persen pegawai pria. Seluruh pegawai perempuan tersebut merupakan anggota dari Srikandi Taspen.

Baca juga: TASPEN terapkan prinsip anti korupsi dalam operasional perusahaan
 
Kosasih mendorong perempuan di dalam perusahaan dapat lebih produktif dalam menciptakan inovasi di bisnis dan layanan perusahaan.
 
"Yuk sama-sama kita dorong Indonesia agar lebih maju dengan menjadi perempuan yang tangguh," tuturnya.
 
Sementara itu Pembina Srikandi Taspen sekaligus Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Diyantini Soesilowati mengatakan perempuan memegang peran penting di dalam keberlangsungan dan keberlanjutan bisnis maupun layanan Taspen.
 
"Dalam perannya sebagai ibu sekaligus dalam karir, kepemimpinan perempuan memiliki karakteristik yang unik, sehingga memberikan warna di dalam keberlangsungan usaha dan layanan Taspen," ujarnya.

Baca juga: Taspen Group dan Pemprov Jambi bersinergi tingkatkan layanan ASN
 
PT Taspen secara aktif menggelar kegiatan yang dapat meningkatkan peran perempuan di perusahaan, antara lain kegiatan WeTalk (Woman Empowerment Talk), yaitu kegiatan diskusi/sharing session perihal keuangan, karir, keluarga, dan kesehatan.
 
Ada pula kegiatan GREATLY (Gender Diversity and Equality) yang merupakan kegiatan diskusi terkait upaya menjaga perilaku saling menghargai di tempat kerja (Respectful Workplace Policy).
 
Selain itu, PT Taspen memberikan fasilitas untuk pegawai perempuan menjaga kebugaran tubuh dan menjaga kesehatan, antara lain kelas Zumba, Pound Fit, dan Yoga.
 
PT Taspen juga berupaya memenuhi kebutuhan pegawai perempuan dalam mengambil perannya sebagai ibu, antara lain dengan menyediakan ruang laktasi bagi karyawati di setiap kantor Taspen, penyediaan fasilitas penitipan anak untuk memudahkan para ibu dalam mengasuh anak, dan pemberian hak cuti melahirkan selama tiga bulan bagi karyawati yang dapat digunakan baik sebelum atau sesudah kelahiran.

Baca juga: Taspen jajaki kerja sama program kepemilikan rumah ASN Pemprov Jambi
 
Srikandi Taspen secara aktif turut melestarikan lingkungan hidup melalui beragam kegiatan, antara lain penanaman 1.000 pohon di lingkungan Pemerintah Daerah Kupang.
 
Sepanjang 2023, sebanyak 3.000 bibit pohon bakau, trembesi dan cemara yang ditanam untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
 
“Diharapkan seluruh upaya manajemen dalam memenuhi kebutuhan pegawai perempuan dapat berdampak positif terhadap kinerja pegawai perempuan Taspen. Seluruh upaya ini dilakukan untuk menciptakan perempuan yang tangguh untuk Indonesia Maju,” ujar Diyantini.
 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023