TASPEN secara aktif telah melakukan pembaruan kebijakan terkait tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance), salah satunya dengan menerapkan prinsip antikorupsi. TASPEN telah memperoleh sertifikasi ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Ant
Jakarta (ANTARA) - PT TASPEN (Persero) menyampaikan bahwa pihaknya selalu menerapkan prinsip anti korupsi dalam setiap aspek operasional perusahaan.

“TASPEN secara aktif telah melakukan pembaruan kebijakan terkait tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance), salah satunya dengan menerapkan prinsip antikorupsi. TASPEN telah memperoleh sertifikasi ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan,” kata Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko TASPEN Diyantini Soesilowati dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Dalam rangka memperingati Hari Antikorupsi Sedunia (HAKORDIA) pada 9 Desember 2023, TASPEN bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyelenggarakan kegiatan “Sosialisasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan dan Anti Gratifikasi Kepada Rekan Bisnis TASPEN” yang dilaksanakan secara daring pada Kamis (21/12).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan menumbuhkan integritas seluruh Insan TASPEN dan mitra bisnis TASPEN mengenai budaya antikorupsi dan indikasi praktik korupsi.

“TASPEN berterima kasih dan terus mengharapkan dukungan dari mitra kerja TASPEN untuk turut mematuhi aturan terkait penerimaan gratifikasi dan melaporkan segala bentuk tindakan yang mencurigakan terkait gratifikasi, penyuapan, atau pemerasan melalui Whistleblowing System TASPEN,” ujar Diyantini.

Pihaknya disebut juga telah melakukan upaya pencegahan korupsi melalui kegiatan Kampanye Budaya Antikorupsi melalui WhatsApp Blast dan digital desktop untuk seluruh karyawan TASPEN. Kedua, menyelenggarakan kegiatan penayangan Film Pendek dari KPK di Compliance Movie Day yang menekankan pada nilai-nilai kejujuran dalam kehidupan sehari-hari berjudul “Titip Sendal dan HP Dinas”.

Terakhir, menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Anti Gratifikasi dan Sistem Manajemen Anti Penyuapan kepada Rekan Bisnis PT TASPEN.

“Atas komitmen dalam menerapkan Tata Kelola Perusahaan yang Baik di seluruh lini bisnis, TASPEN telah meraih penghargaan Badan Publik Informatif kategori Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada kegiatan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023 yang diselenggarakan Komisi Informasi Pusat (KIP) serta penghargaan Trusted Company dalam ajang Indonesia Good Corporate Governance Award 2023,” ungkap dia.

Kepala Satgas Program Pengendalian Gratifikasi KPK Mutiara Carina Rizky Artha mengapresiasi TASPEN yang dianggap telah menjalankan bisnis operasional dengan menerapkan program pengendalian gratifikasi.

“Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, kami juga berharap dapat memberikan pemahaman lebih lengkap untuk meningkatkan literasi mengenai pemberantasan korupsi dan anti gratifikasi,” ucap Mutiara.

Baca juga: TASPEN raih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023

Baca juga: TASPEN tanam 1.000 pohon sebagai komitmen lestarikan lingkungan di NTT

Baca juga: Wamenaker: TASPEN hadirkan inovasi untuk mudahkan ASN di Indonesia

 

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023