TASPEN berkomitmen memberikan layanan keterbukaan informasi yang inklusif bagi semua
Jakarta (ANTARA) - PT TASPEN (Persero) meraih penghargaan Badan Publik Informatif kategori Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada kegiatan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023 yang diselenggarakan Komisi Informasi Pusat (KIP).

TASPEN mengantongi penghargaan tersebut dengan total poin sebesar 97,54.

“TASPEN berkomitmen memberikan layanan keterbukaan informasi yang inklusif bagi semua. Bagi TASPEN, keterbukaan informasi merupakan pondasi utama dalam penerapan tata kelola perusahaan yang baik,” kata Direktur Utama TASPEN A.N.S. Kosasih di Jakarta, Selasa.

Kosasih menambahkan komitmen tersebut dilakukan agar semua pihak memperoleh informasi yang sama, termasuk penyandang disabilitas, sesuai Peraturan Komisi Informasi RI Nomor 1 Tahun 2021 tentang Standard Layanan Informasi Publik.

TASPEN telah menyediakan website ramah disabilitas, yakni memiliki berbagai fitur layanan ramah disabilitas pada website utama dan website Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

Beberapa fitur disabilitasnya antara lain opsi peningkatan ukuran teks website, opsi pengaturan kontras tampilan website, opsi fitur suara penyebutan opsi website dan opsi lainnya.

Baca juga: Taspen jajaki kerja sama program kepemilikan rumah ASN Pemprov Jambi

Baca juga: Taspen dan Pemprov Jambi jalin kerja sama jaminan sosial bagi ASN


Sementara itu, untuk layanan fisik, TASPEN menyediakan akses khusus bagi penyandang disabilitas, antara lain jalur khusus kursi roda, parkiran dan toilet khusus disabilitas pada seluruh wilayah Kantor Cabang PT TASPEN (Persero).

TASPEN juga menyediakan formulir permintaan informasi publik untuk penyandang tuna netra dalam bentuk braille.

“TASPEN akan terus memantapkan implementasi bisnis dan layanan yang transparan guna menciptakan layanan dan kinerja yang memuaskan bagi peserta dan stakeholders,” tambah Kosasih.

Hal itu sejalan dengan arahan Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin, bahwa keterbukaan informasi publik adalah unsur esensial dalam wujud dan tata kelola pemerintahan yang baik, sekaligus salah satu penentu keberhasilan program-program reformasi birokrasi.

Selain itu, transparansi informasi adalah jalan untuk merawat demokrasi yang tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Penghargaan yang diraih TASPEN tahun ini merupakan kali ke empat dalam kurun waktu enam tahun terakhir. TASPEN dan badan publik lainnya yang meraih titel Badan Publik Informatif wajib memenuhi beberapa parameter penilaian dari KIP, antara lain sarana prasarana, kualitas informasi, dan jenis informasi yang disampaikan kepada konsumen.

Penghargaan tersebut merupakan apresiasi kepada seluruh Badan Publik, antara lain Perguruan Tinggi Negeri, BUMN, Pemerintah Provinsi, Lembaga Negeri dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Lembaga Struktural, Kementerian, serta Partai Politik atas keterbukaan informasi yang dilakukan.

“Penghargaan ini diharapkan dapat menjadi pemicu seluruh Insan TASPEN, untuk senantiasa memberikan upaya maksimal dalam melayani seluruh peserta, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan layanan bagi seluruh peserta TASPEN,” tutur Kosasih.

Baca juga: TASPEN tanam 1.000 pohon sebagai komitmen lestarikan lingkungan di NTT

Baca juga: Taspen raih penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2023


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023