Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Pro Rakabuming Raka (Praka) Osco Olfriady Letunggamu menilai gagasan Calon Wakil Presiden RI Girban Rakabuming Raka paling konkret di antara dua cawapres lain.

"Ini (Gibran) adalah bukti nyata anak muda punya posisi tawar yang kuat dalam dunia politik jika diberikan ruang. Mas Gibran dengan latar belakang pengusaha, masuk dunia politik sangat khatam terhadap persoalan kekinian, khususnya yang menjadi keresahan anak muda. Ia cekatan sekali menjawab dan menerangkan pikirannya," kata Osco dalam acara pengukuhan pengurus Praka Sulawesi Utara (Sulut) di Manado sebagaimana keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Osco mengatakan bahwa penampilan putra sulung Presiden RI Joko Widodo itu di luar prediksi banyak orang.

"Mas Gibran tampil memukau, sangat tertata sekali dari sisi kalimat, ini mengejutkan. Padahal, kita tahu Mas Gibran dikenal pendiam, tetapi kita lihat tadi sangat aktif bicara dengan data yang sulit dibantah," ujar dia.

Oleh karena itu, pihaknya menyakini bahwa atas penampilan Gibran dalam debat cawapres itu akan mampu mendorong masyarakat untuk menjatuhkan pilihannya pada pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2.

"Mas Gibran paten. Kami menyambut dengan gembira, dan siap berkontribusi memperlebar ceruk suara guna memastikan kemenangan satu putaran," ujar dia.

Baca juga: Gibran sebut banyak yang khawatir soal kemampuannya saat debat pilpres
Baca juga: Ganjar sebut Mahfud tampil bagus dalam debat cawapres
Baca juga: Mahathir Muhammad: Gibran unggul jauh dalam debat cawapres


Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Selepas debat pertama antar-capres pada hari Selasa (12/12), KPU menggelar debat kedua yang melibatkan tiga cawapres pada hari Jumat (22/12) di Jakarta.

Tema debat kedua meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Pewarta: Aprillio Abdullah Akbar
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023