Jakarta (ANTARA) - Pada hari ke-27 kampanye Pemilihan Calon Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 pada Minggu (24/12), ketiga pasangan capres-cawapres pergi menyebar ke penjuru negeri untuk memperkenalkan visi-misi serta program unggulannya agar bisa memenangkan suara masyarakat.

Sebagaimana yang diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan masa kampanye Pilpres 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Sedangkan hari pemungutan suara jatuh pada Rabu, 14 Februari 2024.

Maka dari itu, pasangan capres-cawapres nomor urut satu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dijadwalkan terbang mengunjungi Pekalongan, dan Semarang, Jawa Tengah.

Sementara itu pasangan pasangan capres-cawapres nomor urut dua Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memilih mengikuti agenda internal dan pergi ke Manado, Sulawesi Utara secara terpisah.

Pasangan pasangan capres-cawapres nomor urut tiga Ganjar Pranowo dan Mahfud MD memilih untuk pergi masing-masing untuk menyebar ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Berikut rangkuman kegiatan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden yang dapat anda simak kembali pada hari ke-27 kampanye.

Anies-Muhaimin

Perjalanan kampanye pasangan yang suka dipanggil dengan menggunakan singkatan AMIN ini, dimulai dengan Anies yang menjalankan shalat subuh berjamaah. Kemudian menawarkan pertanian kontrak atau "contract farming" bersama petani padi yang berada di daerah tersebut.

Di sana, Anies bahkan menyoroti permasalahan pupuk yang kini dialami oleh para petani. Jika terpilih menjadi presiden, dia berjanji akan menambah stok ketersediaan pupuk agar kondisinya selalu aman.

Setelah itu agenda dilanjutkan dengan pergi bersama Cak Imin ke deklarasi dukungan kiai dan alumni Pondok Pesantren Lirboyo di Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang. Kemudian mereka mengadakan diskusi dan kalibrasi bersama pemuda bertempat di GOR Basket Indoor, Jatidiri, Kota Semarang.

Agenda ditutup dengan mengikuti kegiatan secara terpisah. Anies menghadiri silaturahmi di Panti Asuhan Mardi Rahayu, Ungaran, sementara Cak Imin mengadakan diskusi "Slepet Imin" yang dilaksanakan di Openaire Resto Bar Market, Semarang.

Prabowo-Gibran

Gibran Rakabuming Raka sendiri asyik menggunakan waktu cutinya untuk berdialog bersama pelaku UMKM di Manado, Sulawesi Utara. Di sana, ia menyatakan terus mendukung inovasi anak muda terutama di bidang ekonomi kreatif, dan mencicipi makanan yang dijual Community of Jalan Roda.

Gibran juga menyoroti tempat UMKM tersebut harus direvitalisasi agar para pedagang bisa lebih menarik pengunjung karena barang maupun makanan yang dijual memiliki kualitas yang baik.

Usai acara itu, Gibran langsung terbang untuk pulang ke Solo, Jawa Tengah.

Secara terpisah, Prabowo Subianto memilih untuk melakukan agenda secara internal.

Ganjar-Mahfud

Pada hari tersebut Ganjar Pranowo dijadwalkan berkeliling wilayah Solo, Karanganyar dan Sragen. Di Solo, Jawa Tengah, ia memulai aktivitasnya dengan menghadiri car free day dan dilanjutkan menghadiri peresmian Posko Ganjar-Mahfud di Pasar Notoharjo/ Pasar Kliwon.

Ganjar juga banyak bertemu relawan dalam sejumlah acara seperti di menghadiri Peresmian Posko Pemenangan Ganjar Mahfud Banyuanyar, Banjarsari, bertemu TPD dan Caleg Partai Koalisi Se-Karanganyar di DPC PDIP Karanganyar, hingga mengadakan diskusi ringan bersama generasi milenial Karanganyar, generasi z dan perempuan di dua tempat di Sragen.

Agenda lain yang dihadiri yaitu mengikuti acara partai berupa Apel Siaga Satgas PDIP DPC Kota Surakarta. Kemudian dilanjutkan dengan mengikuti Deklarasi Jaringan Pencak Silat Nusantara (JPSN) untuk Ganjar-Mahfud, juga memantau persipan natal di Gereja Purbowardayan, Surakarta.

Sedangkan Mahfud MD, memilih pergi ke Probolinggo, Jawa Timur untuk menghadiri acara jalan sehat bersama Aliansi Pemuda Tapal Kuda dan menghadiri acara Haul Pendiri Po dok Pesantren Al-Islah di Jalan Kramat Makam Santri No. 01 Bungah, Bungah, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur pada pagi hari.

Di siang harinya, ia kembali ke Jakarta untuk bersiap berkunjung ke sejumlah gereja untuk bertemu dengan tokoh agama menjelang Hari Natal tahun 2023.

Baca juga: Capres Anies Baswedan: Hilangkan fenomena "ordal" dengan transparansi
Baca juga: Nelayan Batang titip aspirasi ke Prabowo-Gibran lewat TKN
Baca juga: Buat Roy Suryo, Ganjar sebut mikrofon debat memang ada tiga

 

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023