sudah ditempatkan personel TNI dan Polri untuk sama-sama melakukan pemantauan
Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Pusat (Jakpus) Dhany Sukman mengajak warga yang tengah menikmati libur Natal dan Tahun Baru 2024 untuk bersama-sama menciptakan suasana aman dan kondusif di seluruh wilayah. 
 
"Kita ingin semua warga saling berangkulan untuk menjaga lingkungan saat menjalankan aktivitas liburan, baik pada area komunitas ataupun area-area yang memiliki objek vital," kata Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.
 
Dhany menyebut, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Kota (Forkopimko) untuk menjaga keamanan dan mengantisipasi adanya gangguan ketenteraman dan ketertiban umum.
 
"Saya yakin karena Jakarta Pusat merupakan pusat keramaian, sudah ditempatkan personel TNI dan Polri untuk sama-sama melakukan pemantauan. Harapan saya jangan sampai terjadi hal- hal yang tidak diinginkan," ujar Dhany.
 
Selain itu, Dhany memastikan bahwa di setiap titik keramaian sudah ditempatkan posko pelayanan dan keamanan beserta personel gabungan dari TNI dan Polri sebagai bentuk memperkuat peran dari Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM).

FKDM  memiliki peran untuk mendeteksi kondisi yang ada di lingkungan warga.
 
Dhany juga mengingatkan masyarakat Jakarta harus tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) demi mencegah penularan COVID-19 ataupun penyakit lainnya saat merayakan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.
 
Protokol kesehatan yang perlu diperhatikan seperti penggunaan masker saat ke luar rumah atau ke tempat keramaian. Lalu menjaga kesehatan dan imunitas tubuh agar tidak mudah terpapar penyakit dari luar.
 
Adapun pihak kepolisian mendirikan posko pengamanan dan pelayanan untuk menjaga serta melayani aduan masyarakat selama arus mudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Stasiun Senen, Jakarta Pusat.
 
"Posko didirikan untuk memberikan pelayanan warga yang hendak mudik. Ini juga bisa mencegah tindak kejahatan seperti pencurian, hipnotis dan copet," kata Kapolsek Senen, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Bambang Santoso saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu (23/12).
 
Selain posko, pihaknya juga menyiagakan puluhan petugas gabungan untuk menjaga arus mudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Stasiun Senen.
Baca juga: Ribuan personel Kepolisian jaga 150 gereja di Jakpus
Baca juga: Pusat Grosir Asemka Jakarta tampak sepi pengunjung jelang Natal 2023
Baca juga: Taman Margasatwa Ragunan tunda libur satwa menjadi hari Selasa

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023