Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Pengurus dan relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bekasi melakukan penanaman seratusan pohon di Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciherang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis, untuk mengurangi risiko bencana khususnya banjir,

"Penanaman seratusan pohon ini juga merupakan rangkaian acara untuk memperingati Hari Relawan PMI 2023," kata Ketua PMI Kabupaten Bekasi Akhmad Kosasih melalui sambungan telepon di Bekasi, Kamis.

Kegiatan ini diikuti oleh puluhan relawan dan pengurus PMI Kabupaten Bekasi bersama PMI Kecamatan Karangbahagia dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Karangbahagia.

Baca juga: Forkopimda Sukabumi bersama Polri gelar aksi tanam pohon serentak

Menurut Kosasih, pihaknya memilih DAS Ciherang di Desa Karangsatu, Kecamatan Karangbahagia untuk melakukan penanaman pohon ini, karena rawan terjadi bencana banjir dan tanah longsor.

Dengan adanya penghijauan di sekitar DAS diharapkan dapat menurunkan potensi terjadinya bencana serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan dari kerusakan maupun pencemaran.

Baca juga: Pemkot Bengkulu tanam 5.000 bibir pohon di Kota Merah Putih

"Kegiatan seperti ini rutin kami laksanakan tidak hanya di waktu-waktu tertentu saja, karena PMI berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang tidak hanya sebatas penanggulangan bencana, tetapi permasalahan lingkungan juga menjadi perhatian utama kami," katanya.

Kosasih mengatakan selain melakukan penanaman pohon, pihaknya juga memberikan edukasi serta meminta masyarakat agar menjaga bibit pohon ini agar dapat tumbuh dan menjaganya dari tangan-tangan jahil.

Baca juga: Masyarakat diminta tetap semangat tanam pohon, tekan pemanasan global

Selain itu, ia juga mengapresiasi unsur Forkopimcam Karangbahagia dan masyarakat sekitar yang antusias untuk mengikuti kegiatan sosial pengurangan risiko bencana yang dilaksanakan PMI Kabupaten Bekasi.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023