Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kota Jakarta Selatan (KPU Jaksel) menerima 5.412.542 lembar surat suara pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Ketua KPU Jaksel Muhammad Taqiyuddin saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Selasa, mengatakan surat suara tersebut terdiri dari tiga jenis surat suara Pemilu 2024 yakni pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP),DPR RI dan DPRD provinsi.

"Untuk PPWP sebanyak 1.804.514 surat suara, DPR RI 1.804.514 dan DPRD Provinsi Dapil 7 sebanyak 836.537 dan Dapil 8 sebanyak 966.977, yang sudah diterima," kata Taqiyuddin.

Ia menyampaikan surat suara tersebut di simpan di Gudang Logistik KPU Jakarta Selatan di Pergudangan Sarinah, Cikoko, Pancoran.

"Nanti ada proses pelipatan, penyortiran dan lain-lain, itu harus kami monitoring langsung," ucapnya.

Taqiyuddin menambahkan bahwa pihaknya tinggal menunggu surat suara untuk pemilihan anggota DPD RI.

Oleh karena itu, KPU Jakarta Selatan belum dapat memastikan kapan menjadwalkan melakukan proses pelipatan dan penyortiran surat suara yang rusak sebelum distribusi logistik pemilu ke gudang logistik tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK) setelah seluruh surat suara diterima.
Petugas merapikan logistik kotak suara Pemilu 2024 di GOR Tanah Abang, Jakarta, Selasa (2/1/2024). ANTARA/Bayu Pratama Syahputra.


"Masih harus rapat terlebih dahulu untuk menentukan jadwal mulainya, apakah harus menunggu surat suara DPD lengkap atau dapat dilakukan sekarang," tambahnya.

Sebelumnya, Taqiyuddin mengatakan KPU Jakarta Selatan telah menerima logistik Pemilu 2024 tahap pertama yang disimpan di Gudang Logistik KPU Jakarta Selatan di Pergudangan Sarinah, Cikoko, Pancoran pada Sabtu (4/11).

Gudang seluas kurang lebih 1.500 meter persegi tersebut menyimpan berbagai perlengkapan pemungutan suara seperti 26.880 kotak suara, bilik suara sebanyak 26.860, tinta sebanyak 13.430, dan segel plastik pengganti gembok sebanyak 141.015.

Untuk menjaga keamanan logistik, KPU Jakarta Selatan telah berkoordinasi dengan TNI dan Polri. Selain itu, tindakan preventif seperti fumigasi (pemberantasan serangga) telah dilakukan guna mengantisipasi kerusakan logistik.

Persiapan tambahan seperti penggunaan palet untuk meningkatkan perlindungan terhadap logistik juga telah dipersiapkan.

Berdasarkan jadwal, Taqiyuddin mengatakan Gudang KPU Jakarta Selatan akan mulai mendistribusikan ke sepuluh kecamatan mulai tanggal 1 Desember.

Baca juga: KPU Jakpus terima logistik surat suara presiden dan wakil presiden

Baca juga: KPU Jakut gandeng warga untuk ikut dan awasi proses sortir surat suara

Baca juga: KPU Jakbar melakukan sortir dan lipat surat suara mulai hari ini

Pewarta: Bayu Pratama Syahputra
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024