Jakarta (ANTARA) - Emma Raducanu yang mengantongi wild card pada Auckland Classic menang dalam pertandingan pertamanya setelah istirahat delapan bulan karena cedera, mengalahkan petenis kualifikasi Elena-Gabriela Ruse 6-3, 4-6, 7-5 dalam dua jam 27 menit.

Juara US Open 2021 itu berkompetisi untuk pertama kalinya sejak Stuttgart Mei lalu setelah menjalani beberapa operasi pergelangan tangan dan pergelangan kaki, dan peringkatnya merosot ke peringkat 301.

Namun, saat kembali ke lapangan tenis kompetitif, petenis berusia 21 tahun itu kesulitan menahan serangan dari Ruse.

Pada set pembuka yang didominasi servis, menurut catatan WTA, dikutip Rabu, Raducanu menunjukkan sedikit tanda-tanda kelemahan. Dia tidak menghadapi break point dan hanya kehilangan tiga poin setelah servis pertamanya dan memperoleh satu-satunya break krusial pada gim kedelapan.

Baca juga: Raducanu dalam kondisi fit untuk hadapi musim baru

Ruse yang berperingkat 134 membalas pada set kedua dengan pengembalian bola yang lebih baik dan serangkaian pukulan forehand yang kuat.

Raducanu sempat mengancam akan bangkit di menit-menit akhir saat ia memotong keunggulan Ruse dari 5-2 menjadi 5-4, tetapi itu tidak cukup menahan petenis Rumania tersebut.

Raducanu kembali agresif pada gim pertama set penentu, meningkatkan dominasinya untuk memimpin 5-2. Namun, kali ini giliran Ruse yang menyerang untuk memastikan break point pertamanya pada set tersebut.

Baca juga: Raducanu terkadang berharap tidak pernah juarai US Open

Setelah menyamakan kedudukan 5-5, Ruse tampaknya mendapatkan seluruh momentumnya tetapi gagal dalam servis, sehingga kembali diambil alih oleh Raducanu.

Raducanu yang tidak membuat kesalahan membalikkan defisit 0-30 dengan servis menawannya untuk memastikan kemenangan pertamanya sejak mengalahkan Beatriz Haddad Maia di Indian Wells Maret lalu.

Sementara itu, dalam pertandingan lainnya, yang mempertemukan dua petenis terkenal yang comeback tahun lalu, unggulan kedua petenis Ukraina Elina Svitolina mengalahkan petenis Denmark Caroline Wozniacki 6-4, 6-3.

Raducanu dijadwalkan akan bertemu dengan Svitolina pada babak kedua yang akan berlangsung Kamis.

Baca juga: Kvitova umumkan kehamilan anak pertama
Baca juga: Swiatek puncaki daftar atlet putri dengan bayaran tertinggi 2023

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024