Jakarta (ANTARA) - Co-captain Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN), Sudirman Said, mengenang sosok almarhum Rizal Ramli sebagai aktivis dan penjuang yang tidak berhenti menyuarakan kebenaran.

"Almarhum Rizal Ramli merupakan seorang aktivis sejati dan pejuang yang tidak pernah berhenti menyuarakan kebenaran," kata Sudirman Said setelah bertakziah ke rumah duka di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Sofyan Djalil: Rizal Ramli meninggalkan banyak warisan untuk negara

Menurut mantan menteri ESDM itu, sosok Rizal Ramli selalu konsisten dalam menyampaikan kebenaran dan sesuatu yang diyakininya, baik ketika di dalam maupun di luar pemerintahan.

Ia pun mengenang kembali momen kebersamaan dengan almarhum saat keduanya di dalam kabinet Presiden Joko Widodo, hingga berada digerbong yang sama mendukung Prabowo Subianto pada Pilpres 2019.

Baca juga: Jimly Ashiddiqie minta capres-cawapres teladani sosok Rizal Ramli

"Beliau seorang pejuang sejati yang terus menyuarakan kebenaran. Kami pernah satu tim dalam kabinet Pak Joko Widodo [Jokowi], dan satu tim membantu Pak Prabowo dalam Pemilu 2019. Kami saling menghormati dan saling mengisi," kata dia.

Ekonom senior sekaligus mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli, wafat pada usia 69 tahu, Selasa malam (2/1/2023), di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Baca juga: JK: Saya dan Rizal Ramli bertentangan tetapi kami tetap bersahabat

Selanjutnya, almarhum Rizal Ramli akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Jeruk Purut, Jakarta Selatan, pada Kamis (4/1/2024).

Pewarta: Moch Mardiansyah Al Afghani
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024