Toronto (ANTARA News) - Petenis peringkat satu dunia Serena Williams dengan mudah mengamankan tempatnya di perempatfinal Piala Rogers WTA, mengalahkan unggulan ke-13 Kirsten Flipkens dengan kemenangan dua set langsung pada Kamis (Jumat WIB).

Juara dua kali Williams membalaskan kekalahan di putaran pertama yang dialami saudara kandungnya, Venus, dari Flipkens, dengan mengalahkan petenis Belgia 6-0, 6-3 pada pertandingan putaran ketuga di turnamen berhadiah 2,4 juta dolar di Stadion Rexall Centre.

"Setelah saya memenangi set pertama saya tentunya berpikir tentang Venus, dan saya pikir ini mengenai betapa bagusnya kebangkitan Kirsten, maka saya berpikir, `saya tidak akan percaya diri secara berlebihan`," kata Williams.

"Saya hanya berusaha untuk benar-benar terfokus sehingga saya benar-benar berkonsentrasi pada momen itu," katanya seperti dikutip AFP.

Flipkens, yang secara mengejutkan menjadi semifinalis di Wimbledon, mengalahkan Venus Williams 0-6, 6-4, 6-2 di putaran pertama.

Namun ia tidak dapat mengulangi kejutan saat melawan Serena, juara AS Terbuka dan Prancis Terbuka. Serena memenangi turnamen ini pada 2001 dan 2011 serta menjadi runner up pada 2000.

Williams melepaskan 10 ace, melakukan satu double fault, dan hanya kehilangan satu poin (14 dari 15) pada serve keduanya di pertandingan yang berlangsung selama 56 menit itu.

Williams melaju ke perempat final di mana ia selanjutnya akan berhadapan dengan Magdalena Rybarikova asal Slovakia.

Sementara itu Williams mengatakan dirinya senang Venus telah kembali ke tur setelah saudara kandungnya itu absen selama beberapa waktu karena cedera.

"Saya bahagia ia berada di sekitar (saya)," kata Serena. "Ia berusaha untuk menyingkirkan beberapa hal dan memainkan beberapa pertandingan dan mendapatkan pertandingan berat, namun selalu bagus untuk melihat dia berada di sekitar saya, dan bagi dia untuk kembali."

Williams bukanlah satu-satunya petenis papan atas yang menang dua set langsung untuk melaju ke perempat final Kamis (Jumat WIB), di mana unggulan ketiga Agnieszka Radwanska dan petenis kidal asal Ceko Petra Kvitova juga melaju.

Bintang China Li Na menjalani pertandingan yang lebih berat saat melawan mantan petenis peringkat satu dunia Ana Ivanovic, melalui permainan reli ia mengalahkan petenis Serbia itu 3-6, 6-1, 7-6 (7/5).

"Terkadang Anda tidak dapat memainkan permainan terbaik Anda, namun Anda hanya bertahan di sana sampai akhir," kata Li, yang kalah dari Kvitova di final Piala Rogers tahun lalu.

Unggulan ketujuh asal Prancis Martion Bartoli disingkirkan Rybarikova 7-6 (7/5), 1-0. Bartoli mengundurkan diri karena sakit pada perutnya setelah kalah di game pertama set kedua.

Bartoli mengatakan setelah pertandingan bahwa masalah pada perutnya didapat dari penampilannya di Wimbledon.

Pekan lalu Rybarikova meraih mahkota berturut-turut keduanya di Washington DC.

Williams (31) akan menghadapi Rybarikova (24) yang lebih muda, untuk pertama kalinya dalam karir mereka.

Kvitova mendapatkan tiket di babak delapan besar dengan mengalahkan petenis Australia Samantha Stosur 6-3, 6-3.

Sementara itu Radwanska mengalahkan unggulan ke-14 asal AS Sloane Stephens 6-1, 7-6 (7/2) dan unggulan kelima asal Italia Sara Errani menundukkan petenis Prancis Alize Cornet 7-5, 7-6 (7/3).

Radwanska, runner up Wimbledon 2012, dan Errani akan berhadapan satu sama lain di perempat final di mana Radwanska memimpin 6-2 pada pertemuan `head-to-head` mereka. Errani memenangi pertemuan terakhir mereka pada awal tahun ini.

"Kami selalu memainkan pertandingan-pertandingan yang panjang," kata Radwanska. "(Cara) kami bermain sedikit mirip. Itulah mengapa terdapat banyak lari dan banyak reli-reli panjang dengan kami."

Petenis Rumania Sorana Cirstea mengejutkan unggulan ke-15 asal Serbia Jelena Jankovic melalui kemenangan 6-3, 6-4, dan Dominika Cibulkova asal Slovakia menang 6-3, 7-6 (7/4) atas Roberta Vinci dari Italia.

(H-RF)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013