Cirebon (ANTARA) -
Kepolisian Resor Kota (Polresta) Cirebon mengerahkan sebanyak 191 personel untuk melakukan pengamanan terhadap kegiatan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka yang mengunjungi sejumlah lokasi di Cirebon, Jawa Barat.
 
Kepala Polresta Cirebon Kombes Pol. Arif Budiman di Cirebon, Sabtu, menjelaskan pengamanan itu dilakukan mengikuti prosedur atau SOP yang berlaku untuk menjamin keamanan dari peserta Pemilu 2024 saat melakukan kegiatan di wilayah hukum Polresta Cirebon.

“Pengamanan kegiatan itu melibatkan 191 personel gabungan Satgas Operasi Mantap Brata Lodaya 2023-2024 dari Polresta Cirebon,” kata Arif.

Sebelumnya, para personel terlebih dahulu mengikuti apel kesiapan pra tugas untuk menerima arahan langsung darinya.

Sehingga para personel dapat menjalankan tugas pengamanan, pada serangkaian kegiatan yang dilakukan cawapres nomor urut 2 di Cirebon.

Arif menyebut apel kesiapan pra tugas itu penting dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan memastikan keselamatan Gibran selama berada di wilayah hukum Polresta Cirebon.

“Dalam kegiatan kali ini, cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka mengunjungi tiga lokasi berbeda di wilayah hukum Polresta Cirebon,” ujarnya.

Tiga lokasi yang dikunjungi Gibran, tutur Arif, yaitu Pondok Pesantren Habib Thohir bin Yahya di Kecamatan Palimanan, kawasan UMKM batik di Desa Trusmi, dan kediaman KH. Adib Rofiuddin Izza di Desa Buntet, Cirebon.

Selama kegiatan tersebut, personel gabungan Polresta Cirebon melaksanakan pengamanan di lokasi atau jalur yang dilalui saat kunjungan, serta melakukan pengawalan rombongan.

“Pengamanan ini dalam rangka upaya menjaga situasi yang kondusif saat berlangsungnya kegiatan,” ungkap Kapolresta.

Arif menambahkan setelah mendatangi tiga lokasi itu, cawapres nomor urut 2 kemudian melanjutkan agenda kunjungannya ke Kota Cirebon.

“Usai melaksanakan pengamanan kegiatan itu, ratusan petugas gabungan dari Polresta Cirebon melaksanakan apel konsolidasi,” ucapnya.
Baca juga: Polresta Cirebon terapkan "cooling system" jaga kondusivitas pemilu
Baca juga: Polresta Cirebon kerahkan 1.268 personil untuk pengamanan Pemilu 2024
Baca juga: Gibran kunjungi kediaman Ayip Thohir di Cirebon

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024