Cirebon (ANTARA) -
Kepolisian Resor Kota (Polresta) Cirebon mengerahkan sebanyak 366 personel untuk melakukan pengamanan terhadap rute perjalanan yang dilalui Presiden RI Jokowi bersama rombongan di wilayah Cirebon, Jawa Barat.

Kepala Polresta Cirebon Kombes Pol. Arif Budiman di Cirebon, Rabu, menjelaskan pengerahan ratusan personel itu bertujuan untuk memastikan keamanan dan keselamatan dari Presiden Jokowi, yang sebelumnya melakukan kunjungan kerja di beberapa daerah di Jawa Tengah.
 
“Pengerahan personel Polresta Cirebon dilaksanakan untuk pengamanan terbuka maupun tertutup, selama kunjungan presiden berlangsung untuk memastikan keamanannya,” kata Arif.

Arif menyampaikan terdapat sejumlah titik di wilayah hukum Polresta Cirebon, yang dilakukan penjagaan secara ketat oleh ratusan personel seperti pada ruas tol sepanjang 33 kilometer meliputi Jalan Tol Palikanci sampai Kanci-Pejagan.
 
Dia memastikan pengamanan juga dilakukan pada fasilitas di ruas tol tersebut seperti di semua jembatan fly over, rest area serta tempat lain yang dinilai perlu dijaga secara ketat.
 
"Rombongan napak presiden selesai melewati jalur tol wilayah hukum Polresta Cirebon dan langsung menuju Hotel Aston Cirebon untuk transit sejenak,” ujarnya.

Dengan semua upaya itu, tutur Arif, pihaknya menjamin perjalanan Presiden Jokowi beserta rombongan melalui Kabupaten Cirebon berjalan aman dengan situasi kondusif.
 
“Selanjutnya (setelah dari hotel) presiden dan rombongannya bertolak menuju Bandar Udara (Bandara) Cakrabuana Kota Cirebon untuk menaiki pesawat dan take off langsung menuju Jakarta,” ucapnya.
 
Diinformasikan daerah Cirebon menjadi lintasan kunjungan kerja Presiden RI Jokowi pada Rabu (3/1) yang menuju wilayah Jawa Tengah seperti Banyumas, Tegal serta kembali ke Jakarta melalui Cirebon.

Baca juga: Presiden Jokowi resmikan enam jembatan baru di lintas utara Jawa

Baca juga: Presiden Jokowi pantau kondisi ketenagakerjaan pabrik teh di Tegal

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024