Jakarta (ANTARA) - Sony telah mengajukan paten yang dapat merevolusi kita bermain video game seperti meningkatkan kecepatan memuat game dan memungkinkan bermain selama proses unduhan

Paten ini, yang diajukan pada Agustus 2023 dan diumumkan minggu lalu, menggambarkan teknologi yang akan memungkinkan pemain untuk mulai bermain game sebelum proses unduhan selesai.

Ide inti dari paten ini berkisar pada teknologi yang mengoptimalkan kecepatan startup game. Secara tradisional, pemain sering harus menunggu game selesai diunduh sepenuhnya sebelum mereka dapat mulai bermain.

Namun, metode baru dari Sony ini mengusulkan perubahan signifikan terhadap proses tersebut. Ini melibatkan perbandingan antara waktu yang diperlukan pemain untuk menyelesaikan bagian tertentu dari game dan waktu keseluruhan yang dibutuhkan untuk mengunduh seluruh game.

Baca juga: Sony PlayStation 5 baru meluncur, tampil lebih kecil dan ringan

Jika waktu unduh game lebih lama, teknologi Sony akan memberikan prioritas pada instalasi bagian tertentu dari game tersebut terlebih dahulu. Ini memungkinkan pemain untuk mulai mengalami bagian-bagian dari game saat sisa unduhannya masih berlangsung.

Paten ini menjelaskan metode untuk mempercepat waktu startup aplikasi dengan memanfaatkan yang disebut "potongan aplikasi". Potongan-potongan ini pada dasarnya adalah bagian-bagian terpisah dari sebuah game.

Sistem mengaitkan potongan ini dengan informasi waktu permainan, yang memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan pengguna untuk mencapai titik atau pencapaian tertentu dalam permainan.

Untuk mengoptimalkan proses unduh, sistem ini memprediksi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengunduh potongan ini berdasarkan informasi potongan dan data jaringan pengguna.

Ia kemudian membandingkan perkiraan waktu pengunduhan ini dengan waktu yang tercatat sebelumnya yang diperlukan untuk memutar bagian-bagian ini. Jika waktu pengunduhan lebih pendek dari waktu permainan, sistem akan menginstal bagian permainan tersebut terlebih dahulu.

Belum jelas kapan atau apakah Sony akan mengimplementasikan teknologi ini dalam produk-produknya. Namun, jika perusahaan melakukannya, hal ini dapat memiliki dampak signifikan pada cara bermain video game. Ini akan memungkinkan pemain untuk masuk ke dalam game favorit mereka lebih cepat dari sebelumnya.

Sony juga aktif mengembangkan teknologi untuk meningkatkan kontrol permainan mobile, fokus pada presisi dan permainan yang lebih lancar.

Mereka juga sedang mengeksplorasi reaksi NPC yang realistis untuk meningkatkan daya imajinasi dalam bermain game. Demikian disiarkan Gizmochina, Sabtu (6/1) waktu setempat.

Baca juga: Sony luncurkan earbuds gaming wireless INZONE Buds

Baca juga: Sony dirumorkan akan hilangkan jenama Xperia di 2025

Baca juga: Jelang peluncuran PS5 "Marvel's Spider-Man 2" Sony gelar pameran mini

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024