Jakarta (ANTARA) - Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud Md menekankan pentingnya inklusivitas dalam berdemokrasi dengan melibatkan para pemuda untuk bijak menentukan pilihannya.

"Ini penting karena mereka ini adalah pemilih-pemilih yang cerdas, bisa menentukan pilihan yang bagus sekaligus memberitahu kepada lingkungannya, kepada keluarganya, kepada saudaranya untuk memilih yang benar," ujar Mahfud di GOR Dharma Ayu Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Senin.

Menurut Mahfud, anak-anak muda pasti mengerti visi dan misi yang tertulis itu belum tentu cocok dengan karakter orang yang membawa visi dan misi sebab bisa saja visi dan misi itu dituliskan oleh orang lain tanpa berdialog dengan pengalaman yang bersangkutan.

Mahfud mencontohkan apabila salah satu kandidat tersebut mau menegakkan hukum, tetapi dia sendiri adalah pelanggar hukum. Bahkan, ada kandidat yang ingin memberantas korupsi, padahal dia sendiri terlibat korupsi dengan berbagai caranya.

Baca juga: Kampanye hari ke-42, Ganjar di Jakarta dan Mahfud ke Indramayu

Ia juga mencontohkan ada kandidat yang berjanji akan membangun demokrasi, padahal kandidat tersebut mengintimidasi orang agar memilih dia.

"Itu kan tidak cocok antara visi dan perilakunya. 'Saya mau menjunjung tinggi HAM,' padahal dia sendiri pelanggar HAM. Saya mau hidup sesuai dengan ekonomi rakyat yang sederhana, padahal dia sendiri hidupnya glamor, hidup mewah dan seterusnya," ujarnya.

Oleh karena itu, Mahfud berpendapat para pemuda tersebut telah memiliki pengertian-pengertian sederhana sehingga dalam memilih akan mementingkan rekam jejak kandidat tersebut.

Baca juga: Ganjar-Mahfud kompak kenakan jaket bomber ala "Top Gun"

Mahfud hadir dalam acara talkshow sekaligus menerima deklarasi dari Pemuda Gama Pantura, gabungan organisasi kepemudaan, mahasiswa dan masyarakat Kabupaten Indramayu, Kabupaten Subang, Kabupaten dan Kota Cirebon.

Mahfud didampingi Deputi Inklusi Tim Pemenangan Nasional (TPN) Jaleswari Pramodhawardhani tampil modis mengenakan kemeja army look dengan emblem-emblem berlambang program kerja unggulan Ganjar-Mahfud dan aksen selempang batik paoman merah.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 dimulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Ganjar sering sebut "data" hingga kenalkan "viralisme" di debat capres
Baca juga: Pendukung Ganjar-Mahfud kompak gunakan wig rambut beruban

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024