Bendungan Pertama WIKA yang Diresmikan di Tahun 2024

Lebak, Banten (ANTARA) - Proyek Bendungan Karian di Kabupaten Lebak, Banten telah rampung dibangun dan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada Senin (8/1). Proses peresmian ditandai dengan Presiden yang memainkan angklung serta penandatangan pada prasasti. 

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Bendungan Karian merupakan sebuah Proyek Strategis Nasional yang telah direncanakan sejak tahun 1980-an. Dengan kapasitasnya sebesar 1,74 Ha dan daya tampung air mencapai 314,7 juta meter kubik, Bendungan Karian mampu menyediakan kebutuhan pasokan air masyarakat sekitar. 

“Bendungan Karian ini juga akan bisa memenuhi kebutuhan air baku sebesar 10,6 meter kubik perdetik bagi masyarakat di Kabupaten Serang, Kota Serang, Kabupaten Cilegon, Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Tangerang, serta di Jakarta bagian barat dan juga Kabupaten Bogor,” jelas Presiden.

Pada pembangunan bendungan tersebut, WIKA dipercaya oleh Kementerian PUPR untuk mengerjakan Paket III yang mencakup Tubuh Bendungan, Puncak Bendungan, dan Hidromekanikal. Agung Budi Waskito menyampaikan bahwa Bendungan Karian menjadi satu dari 48 portfolio bendungan yang dikerjakan oleh WIKA dan tersebar di seluruh wilayah di Indonesia sebagai bentuk dukungan program pemerintah untuk pengelolaan air sekaligus ketahanan pangan. 

“Peresmian Bendungan Karian menjadi langkah baik bagi WIKA untuk mengawali 2024, sekaligus memotivasi kami untuk semakin giat meningkatkan aktivitas operasi pada tahun ini,” ujar Agung BW. 

Turut hadir untuk mendampingi Presiden Jokowi diantaranya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertahanan Nasional Hadi Tjahjanto, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Pj. Gubernur Banten Al Mutbakar, Pj. Bupati Lebak Iwan Kurniawan, Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito, dan Direktur Operasi I Hananto Aji. 

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024