Paris (ANTARA News) - Pemain Prancis Emmanuel Riviere mencuri perhatian dari rekan setimnya yang berasal dari Kolombia Radamel Falcao pada Minggu, ketika trigol dia membawa Monaco berbagi tempat di puncak klasemen Liga Prancis berkat kemenangan 4-1 atas Montpellier.

Pasukan Claudio Ranieri menindaklanjuti kemenangan 2-0 mereka atas Bordeaux di hari pembuka liga, untuk mengumpulkan enam angka bersama dengan Lyon, Saint Etienne, dan Marseille, serta menduduki peringkat kedua dalam selisih gol.

Nantes akan bergabung dengan mereka pada Minggu malam, seandainya mampu mengalahkan tetangga Brittanynya - Lorient.

Tim juara Paris Saint Germain juga memainkan pertandingan di kandang sendiri melawan Ajaccio yang dilatih Fabrizio Ravanelli di Parc des Princes.

Pada malam yang gemilang di Cote d`Azur, tim tuan rumah membuka keunggulan pada menit ke-18 ketika pergerakan pemain Argentina Lucas Ocampos harus dihentikan pelanggaran Siaka Tiene di kotak penalti, yang membuat wasit tidak memiliki pilihan selain menunjuk titik putih.

Falcao mengeksekusi penalti dan mengecoh kiper Montpellier Laurent Pionnier ketika ia mencatatkan dua gol dari dua pertandingan sejak kedatangannya ke klub ini, yang membuat Monaco dilaporkan mengeluarkan dana transfer senilai 60 juta euro kepada Atletico Madrid.

Keunggulan ini hanya bertahan selama enam menit ketika pemain Kolombia lainnya, kali ini Victor Hugo Montano, menaklukkan Ricardo Carvalho dan Eric Abidal, sebelum menanduk umpan silang dari Benjamin Stambouli dari sayap kanan.

Finalis Liga Champions 2004 ini kemudian kembali unggul melalui proses yang kontroversial menjelang turun minum, ketika Riviere terlihat jelas melanggar bek Daniel Congre dalam lajunya ke kotak penalti sebelum mencungkil bola melewati Pionnier yang bergerak maju dan bola meluncur ke gawang yang kosong.

Rivieri kemudian memperbesar keunggulan pasukan Ranieri 12 menit setelah turun minum, ketika lututnya mengenai bola menyusul tendangan penjuru dari Yannick Ferreira Carrasco.

Juara 2012 ini selalu menghadapi malam yang panjang ketika Congre kehilangan ketenangannya pada menit ke-63, dan mendapat kartu merah karena melanggar Ferreira-Carrasco di dekat kotak penalti sebelum Riviere melengkapi hatriknya saat pertandingan tinggal menyisakan sembilan menit.

Ini merupakan gol keempat pemain Prancis itu di musim yang baru bergulir dan membuat dirinya menjadi pencetak gol terbanyak, unggul satu gol atas pemain Lyon Alexandre Lacazette dan Dmitri Payet dari Marseille.

Ini juga menjadi gol ketujuhnya dari tujuh pertandingan bagi pemain 23 tahun ini ketika bermain melawan Montpellier di Liga Prancis, demikian AFP.

(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013