membutuhkan respons waktu sekitar tiga jam setelah mendapatkan data dari lurah 
Jakarta (ANTARA) -
Suku Dinas Sosial (Sudinsos) Kota Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel) telah menyiapkan bantuan pangan dan sandang untuk membantu warga yang terdampak banjir di wilayah Jakarta Selatan.
 
"Kalau terjadi banjir terjadi di Jaksel, Sudinsos dapat segera menyalurkan bantuan sandang dan pangan tersebut kepada warga yang terdampak, " kata Kepala Sudinsos Jaksel, Bernard Tambunan di Jakarta, Jumat.
 
Bernard menjelaskan jika ada kejadian di kawasan Jakarta Selatan maka Sudinsos akan segera memberikan bantuan sandang dan pangan seperti beras dan makanan siap saji lainnya.
 
Ia juga menyampaikan, Sudinsos Jaksel membutuhkan respons waktu sekitar tiga jam setelah mendapatkan data dari lurah untuk memberikan makanan siap saji ke lokasi banjir.
 
"Satu jam itu untuk memasak, satu jam untuk mengepak, dan satu jam lagi untuk mendistribusikan ke lokasi tempat terjadinya banjir," katanya.
 
Bernard menjelaskan untuk bantuan sandang yang diberikan meliputi: Seragam sekolah, pakaian sehari-hari, selimut dan lainnya.
 
"Kami juga memberikan alat kebersihan, sebagai bentuk bantuan untuk pasca-bencana," katanya.
 
Bernard menambahkan dalam menghadapi potensi banjir di musim hujan ini, Sudinsos juga akan melibatkan Kampung Siaga Bencana (KSB) yang tersebar di 19 titik kelurahan rawan banjir, juga dapur umum.
 
"Dapur umum kami itu terdapat 15 orang, tetapi masih sanggup untuk memberikan 5.000 boks makanan siap saji. Namun, jika di atas 5.000 bok, maka kami membutuhkan bantuan dari Dinas Sosial DKI Jakarta atau bantuan tenaga dari relawan," katanya.
Baca juga: Pemkot Jaksel gelar apel pesiapan antisipasi banjir
Baca juga: Ada tiga tahap penanggulangan kesehatan akibat banjir di DKI Jakarta
Baca juga: Lima RT dan enam ruas jalan di DKI Jakarta tergenang

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024