Kunjungan Konjen Australia Todd Dias itu untuk meminta izin, karena salah satu lorong wisata kita, lorong Sydney
Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Moh Ramdhan Pomanto menerima kunjungan Konsulat Jenderal (Konjen) Australia Todd Dias untuk membahas beberapa kegiatan bersama di antaranya peringatan Australia Day pada 26 Januari 2024.

"Kunjungan Konjen Australia Todd Dias itu untuk meminta izin, karena salah satu lorong wisata kita, lorong Sydney  ternyata diminati dan akan dikunjungi tamu-tamu dari Australia saat peringatan Australia Day nanti," ujarnya di Makassar, Jumat.

Danny -- sapaan akrab Ramdhan Pomanto menyambut baik kunjungan itu dan langsung meminta jajarannya di Dinas Pariwisata, camat dan kelurahan untuk membenahi Lorong Wisata (Longwis) Sydney di Kecamatan Panakkukang tersebut.

Ia menjelaskan Lorong Sydney sudah banyak dikunjungi oleh tamu-tamu pemerintah kota mulai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian hingga Ganjar Pranowo yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah serta para kepala daerah saat pelaksanaan Rakernas Apeksi 2023 di Makassar.

"Harus kita tata lebih baik lagi ini lorong wisata karena namanya sudah ada. Begitu juga dengan sumber daya manusia yang ada yang mengelola Lorong Sydney sudah sangat terlatih," katanya.

Baca juga: Pemkot Makassar perkenalkan Lorong Wisata di Konferensi IGA 2023

Baca juga: Mendagri sebut Lorong Wisata Makassar percontohan inovasi daerah


Danny menyatakan jika pihaknya terus berupaya mengeratkan hubungan dengan luar negeri. Tidak hanya negara Australia tetapi hubungan dengan negara-negara sahabat.

"Saya sudah tekankan hari ini, kerja sama dengan luar negeri harus diperkuat," ucapnya.

Selain itu, ia juga berencana akan mengajak anak sekolah untuk menonton film Marage Awaiting Macassan saat momentum Australia Day.

"Ini mesti kita dukung karena itu pengetahuan sejarah dan ada keterkaitan antara suku Makassar dengan suku Marege Australia," ucapnya.

Sementara itu, Konjen Australia di Makassar Todd Dias menyampaikan keinginannya mengunjungi Lorong Sydney yang menjadi andalan dari Pemkot Makassar.

Dia mengatakan kunjungan itu juga merupakan bentuk dukungan terhadap program Lorong Wisata yang saat ini dikembangkan Pemkot Makassar. Terlebih Kota Makassar dan Australia mempunyai hubungan yang begitu erat.

"Nanti kita kunjungan ke Lorong Sydney pada saat Australia Day," kata Konjen Todd Dias.

Baca juga: Pj Sekda Makassar optimistis target 5.000 lorong wisata akan tercapai

Baca juga: Dubes Singapura kunjungi Lorong Wisata Zurich Makassar

 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024