Penghijauan ini bagian dari mendukung Provinsi Kaltim melaksanakan program penurunan emisi karbon
Penajam Paser Utara (ANTARA) - Gerakan penanaman pohon serempak nasional tahun 2024 di Provinsi Kalimantan Timur dipusatkan di kawasan rehabilitasi hutan lindung Ibu Kota Nusantara (IKN) yang dipimpin Wakil Menteri LHK Alue Dohong didampingi Sekda Provinsi Kaltim Sri Wahyuni.

"Kita mengapresiasi penanaman serempak. Gerakan Kaltim Hijau adalah komitmen Pemprov Kaltim sejak lama. Oleh karena itu, kita menyambut baik kegiatan ini," ucap Sri Wahyuni di lokasi IKN, Minggu.

Menurut Sri, gerakan penghijauan yang dilakukan selama ini membuat Provinsi Kaltim meraih hasilnya yaitu mendapatkan kompensasi bonus dari program penurunan emisi karbon.

Bahkan, adanya penanaman pohon pada saat musim hujan sebagai sinergi dilakukan pemerintah pusat, daerah bersama masyarakat mewujudkan Kaltim Hijau yang bersesuaian dengan IKN menuju smart city.

"Penghijauan ini bagian dari mendukung Provinsi Kaltim melaksanakan program penurunan emisi karbon. Contohnya, penanaman di lahan kritis, sehingga tidak hanya terfokus pada program penutupan lahan bekas tambang," katanya.

Baca juga: Wamen LHK pimpin penanaman pohon perkuat ekosistem IKN

"Kami pastikan pembangunan IKN tidak menghilangkan Provinsi Kaltim dari karakter lingkungannya hutan tropis," tutup Sri.

Penanaman pohon serempak nasional tahun 2024 dicanangkan Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin, di Provinsi Banten, Minggu 14 Januari 2024.

Wapres Ma'ruf Amin menjelaskan penanaman serempak bukan hanya menjadikan pemerintah melaksanakan tanggungjawab kemanusiaan. Tetapi, juga tanggungjawab keagamaan.

"Jadi, penghijauan bukan hanya menjadi tanggung jawab kemanusiaan, tetapi keagamaan," ujarnya.

Penanaman pertama 2024 di Indonesia, khususnya di Kaltim dilakukan di Kawasan RHL IKN.

Selanjutnya akan dilakukan penanaman lainnya yang sudah dijadwalkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada Februari, Maret, dan April 2024.

Baca juga: Dirjen Gakkum pimpin penanaman pohon meranti di Kaltim

Baca juga: Samarinda siapkan 2.200 bibit pohon refleksi akhir tahun

Pewarta: Arumanto
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024