kegiatan penanaman cabai diharapkan dapat mengendalikan nilai inflasi ekonomi sekaligus menstabilkan harga
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat menanam 10.500 bibit cabai serentak di 71 lokasi di wilayah Jakarta Pusat untuk menstabilkan harga cabai saat Ramadan (sekitar Maret).
 
"Secara masif dilakukan penanaman dari sekarang yang bertujuan memberi dampak positif pada ekonomi bulan puasa," kata Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Chaidir di Jakarta, Jumat.
 
Penanaman cabai serentak ini diinisiasi oleh Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi DKI Jakarta secara hybrid.

Chaidir menyebut penanaman di Jakarta Pusat ini dipusatkan di lahan seluas 2.570 meter persegi milik pemerintah daerah (pemda) yang berlokasi di halaman Apartemen Sudirman Park, Jalan K.H. Mas Mansyur, Kelurahan Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang.
 
Chaidir mengatakan dengan target dua ton, kegiatan penanaman cabai diharapkan dapat mengendalikan nilai inflasi ekonomi sekaligus menstabilkan harga cabai di pasaran pada Hari Raya Idul Fitri mendatang.
 
"Dengan penanaman ini ketika nanti panen secara tidak langsung memberikan dampak untuk mengendalikan inflasi," ujar Chaidir.
 
Pada sesi persiapan dan survei lokasi sehari sebelumnya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Kota (Sekko) Kota Jakarta Pusat, Bakwan Ginting menyampaikan niatnya untuk mengembangkan lahan di samping Apartemen Sudirman Park tersebut untuk menjadi edukasi wisata.
 
"Nantinya kawasan ini akan menjadi wisata berkebun. Ada fungsi edukasi untuk warga dan anak sekolah. Tiap kelurahan juga diharapkan ada miniatur tanam seperti di halaman Apartemen Sudirman Park," kata Ginting.
 
Ginting juga mengimbau agar tiap rumah tangga menanam cabai untuk membantu mencegah inflasi dan meningkatkan ketahanan pangan keluarga.
 
Sebelumnya, Pemerintah Kota Jakarta Pusat menyerahkan 6.000 bibit cabai kepada camat, lurah serta kader PKK setempat agar tanaman tersebut panen menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah.
 
"Hari ini kita serahkan bibit cabai untuk ditanam kemudian April nanti menjelang Idul Fitri kita akan melakukan panen bersama dengan bibit yang kita serahkan ini," kata Wali Kota Jakarta Pusat (Jakpus) Dhany Sukma di Jakarta pada Selasa (16/1).
 
Selain pemanfaatan lahan milik pemerintah daerah, pihaknya juga bekerjasama dengan sektor privat yang memiliki lahan tidak terpakai untuk ditanami pohon produktif seperti di Jalan Cikini dengan luas lahan 4.500 meter persegi.
Baca juga: Warga dan pemkot sulap gunungan sampah jadi taman penghasil sayuran
Baca juga: Pemkot Jakbar bagikan sayuran dan ikan lele kepada warga Kebon Jeruk
Baca juga: Relawan Jokowi jual enam ton sayuran murah bagi warga Jakarta Barat

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024