Jakarta (ANTARA) - Calon wakil presiden nomor urut satu, Muhaimin Iskandar, meminta pembangunan di Indonesia untuk lebih melibatkan rakyat sebagai pemilik negeri.

"Rakyat harus dilibatkan, rakyat tidak boleh ditinggalkan, karena pemilik negeri ini adalah rakyat. Pemerintah hanya pelaksana dari pemilik negeri ini," kata dia dalam debat keempat Pilpres 2024 yang diselenggarakan oleh KPU di Balai Sidang Jakarta, Minggu malam.

Ia menegaskan bahwa pembangunan dan kebijakan nasional harus berpijak pada keadilan hukum, keadilan iklim, keadilan ekologi, keadilan antargenerasi, keadilan agraria dan tentunya keadilan sosial.

Baca juga: Muhaimin sebut akan hentikan program "food estate"

Ia juga menyinggung soal dampak krisis iklim dan bencana ekologi yang terjadi di Indonesia, dan ia menilai bahwa dibutuhkan etika lingkungan dan keseimbangan antara manusia dan alam dalam menanggulangi krisis tersebut.

"Krisis iklim tidak diatasi dengan serius, bahkan ditunjukkan anggaran untuk mengatasi krisis iklim jauh dari anggaran program lain," kata dia.

Pasangan Anies-Muhaimin mengusung visi, misi dan program kerja, dengan tema besar Indonesia adil makmur untuk semua. Misi pasangan Anies-Muhaimin dituangkan dalam delapan jalan perubahan.

Baca juga: Debat cawapres, Muhaimin ingatkan pesan pendiri NU soal petani

Dalam misi ketiga, mewujudkan keadilan ekologis berkelanjutan untuk generasi. Agenda misi itu salah satunya penguatan tata kelola lingkungan hidup, di antaranya upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dilandaskan pada prinsip keadilan sosial dan keadilan ekologis, termasuk keadilan antar generasi.

Selanjutnya, pasangan Anies-Muhaimin mendorong perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup harus melibatkan partisipasi rakyat, termasuk masyarakat yang terkena dampak, masyarakat adat, perempuan, dan kelompok rentan lainnya.

Baca juga: KPU harap tema Debat Keempat Pilpres 2024 buka wawasan pemilih

KPU telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Selepas debat pertama pada 12 Desember 2023, debat kedua pada 22 Desember 2023, dan debat ketiga pada 7 Januari 2024, KPU menggelar debat keempat yang mempertemukan para cawapres.

Tema debat keempat meliputi energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Pewarta: Fauzi Lamboka
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024