Jakarta (ANTARA) - Runner up dua kali Daniil Medvedev mengatasi perlawanan keras dari petenis Portugal Nuno Borges, Senin, untuk mengamankan tempat di perempat final Australian Open.

Unggulan ketiga tersebut dipaksa bekerja keras oleh petenis peringkat 69 dunia itu sebelum menang dengan skor 6-3, 7-6(7/4), 5-7, 6-1 setelah lebih dari tiga jam di Rod Laver Arena.

Dia akan bertemu unggulan kesembilan asal Polandia Hubert Hurkacz untuk memperebutkan satu tempat di empat besar.

"Sebelum pertandingan ini saya merasa 100 persen," kata Medvedev, finalis 2021 dan 2022, yang kalah dari Novak Djokovic dan Rafael Nadal, seperti disiarkan AFP.

"Tetapi dia membuat saya berlari pada set ketiga dan itulah sebabnya saya terlalu banyak melewatkan bola, sejujurnya saya sudah mati. Pada set keempat saya berhasil meningkatkan energi saya."

Sebelum Australian Open tahun ini, Borges belum pernah memenangi pertandingan tingkat tur berturut-turut di luar Piala Davis.

Alasannya terungkap pada pertandingan kali ini di mana unforced error yang Borges lakukan tercatat 66 kali, sementara Medvedev hanya 34 kali.

Namun, petenis berusia 36 tahun itu memiliki tekad yang luar biasa besar, sementara kekuatan Medvedev menjadi faktor yang menonjol pada set pertama, dengan satu-satunya break terjadi pada gim keenam saat petenis Rusia itu mendominasi reli-reli panjang.

Baca juga: Sabalenka merasa lebih kuat untuk pertahankan gelar Australian Open

Borges dengan berani bertahan hingga kedudukan 3-3 pada set kedua sebelum terjatuh karena pukulan groundstroke bertubi-tubi dari Medvedev hingga kebobolan break.

Medvedev, peringkat tiga dunia, kemudian kehilangan fokus pada kedudukan 30-40 pada gim berikutnya, membuat kedudukan kembali seimbang.

Pertandingan dilanjutkan dengan tiebreak dan Medvedev berhasil bertahan dari unforced error lainnya untuk menang.

Medvedev bermanuver menuju puncak kemenangan pada kedudukan 5-4 set ketiga, namun Borges menolak untuk menyerah, melakukan break sebelum merebut dua gim berikutnya.

Pertandingan tersebut menjadi peringatan bagi Medvedev, yang baru bermain di set keempat, melewati set dalam waktu 24 menit untuk mengemas kemenangan.

Baca juga: Kalahkan Tsitsipas, Fritz tantang Djokovic di perempat final
Baca juga: Gauff nikmati proses dewasa saat menuju perempat final Australian Open

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024