Medan (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI dan PT Pelabuhan Indonesia membangun kampung wisata ramah anak di Lingkungan XII, Kelurahan Belawan Bahari, Kecamatan Medan Belawan, Medan.

"Membuat program kampung wisata ramah anak ini baru pertama di Kota Medan," ujar Pimpinan Baznas RI Bidang SDM, Keuangan dan Hukum Kolonel CAJ (Purn) Nur Chamdani di Medan, Sumatera Utara, Rabu.

Nur Chamdani melanjutkan program ini berkolaborasi dengan PT Pelindo untuk membuat kampung wisata ramah anak tersebut.

"Revitalisasi pembuatan kampung ini sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berfokus pada kesehatan, keterampilan dan pemberdayaan ekonomi," tuturnya.

Adapun revitalisasi itu di antaranya perbaikan dan penebaran bibit kolam ikan, posyandu anak, puskesmas dan lain-lain.

"Selain itu, anak-anak setempat juga diberikan telur, biskuit, susu, sementara para lanjut usia berupa tes darah, cek gula dan lain-lain," kata Nur Chamdani.

Dia berharap kampung ini mendapat manfaat besar dari pemberian dan batuan tersebut.

Baca juga: BAZNAS mulai program ToT pengajar Al Quran Isyarat di 34 provinsi

Manajer SDM dan Umum PT Pelindo Regional 1 Belawan Khairul Ulya menambahkan, kerja sama ini untuk membangun wisata ramah anak agar tetap berkelanjutan.

"Supaya anak-anak di kampung ini mendapatkan manfaat tersebut dan secara umum masyarakat dalam program ini," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Medan Khoiruddin mengatakan program yang dibuat ini sangat bagus untuk dikembangkan.

"Kami berharap kampung ini dapat meningkatkan perekonomian UMKM, ramah anak dan lain-lain. Selain itu, program ini bisa dikembangkan di wilayah Medan lainnya," ucapnya.

Baca juga: Baznas latih 1.020 pengajar Al Quran bahasa isyarat pada 2024

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024