Dari keterangan kontraktor, gedung ini sudah hampir 66 persen. Mudah-mudahan segera diselesaikan dan bisa dituntaskan dalam beberapa bulan ini, karena ini termasuk terlambat
Gorontalo (ANTARA) - Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) RI Afriansyah Noor mengatakan Provinsi Gorontalo segera memiliki fasilitas Balai Latihan Kerja (BLK) yang berlokasi di Kelurahan Tamalate, Kecamatan Kota Timur, Kota Gorontalo.

Wamenaker di Gorontalo, Kamis, meninjau pembangunan gedung BLK tersebut didampingi ini Penjabat (Pj) Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya.

Wamenaker Afriansyah mengatakan pembangunan yang sudah 66 persen ini sedikit mengalami keterlambatan, karena harusnya sudah selesai di tahun 2023.

Ia berharap perpanjangan waktu kerja selama 50 hari mendatang dapat merampungkan pembangunan gedung BLK dan dua ruang workshop yang terdiri dari ruang pelatihan manufaktur, dan las listrik.

"Dari keterangan kontraktor, gedung ini sudah hampir 66 persen. Mudah-mudahan segera diselesaikan dan bisa dituntaskan dalam beberapa bulan ini, karena ini termasuk terlambat," kata Wamenaker.

Baca juga: Kemnaker: Instruktur BLK Komunitas miliki peran bangun SDM

Pada pembangunan BLK yang menggunakan dana APBN itu akan dibangun lima ruang workshop, yang dua diantaranya sudah dibangun sejak tiga tahun terakhir dan akan segera dirampungkan pada Maret 2024. Tiga lainnya akan lanjutkan selama tahun 2024.

"Nantinya ruang workshop ini akan digunakan untuk balai-balai pelatihan bagi masyarakat. Semoga bisa meningkatkan keterampilan dan kemampuan anak-anak di Provinsi Gorontalo," kata Wamenaker.

Saat pembangunan ruang workshop selesai, lanjutnya, semua pelatihan akan dijalankan tanpa pungutan biaya alias ditanggung negara. Ia menegaskan semua masyarakat bisa mengikuti tanpa batas usia dan tanpa syarat ijazah.

"Pelatihan tergantung jurusan apa yang ingin mereka ikuti dan akan ada jam pelajaran sesuai jurusan. Jadi berkisar ada yang satu setengah bulan atau tiga bulan. Jadi ada macam-macam, tergantung jurusan yang mereka ambil," kata Wamenaker.

Baca juga: Kedatangan Menaker Ida Fauziyah disambut dengan adat Mopotilolo
 

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024