Ini akan dilakukan terus menerus,
Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur menyediakan seribu paket sembako murah di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kayu Mas, Kelurahan/Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Senin.

Rencananya, 5.000 paket sembako murah disalurkan di lima titik yakni Kelurahan Pulogadung, Kelurahan Makasar (Kecamatan Makasar), Kelurahan Penggilingan (Kecamatan Cakung), Kelurahan Ciracas (Kecamatan Ciracas), dan Kelurahan Pondok Rangon (Kecamatan Cipayung).

Kegiatan sembako murah merupakan hasil kerja sama antara Pemkot Jaktim dengan pihak swasta melalui tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responbility/CSR).
 
Paket sembako berisikan beras lima liter, tepung satu kilogram, gula satu kilogram dan minyak goreng dua liter dijual dengan harga Rp100 ribu, sementara harga normalnya senilai Rp140 ribu.
 
Wali Kota Jaktim M Anwar menjelaskan, penyediaan sembako murah diharapkan meringankan beban ekonomi masyarakat.

Baca juga: Pemprov DKI jaga stabilitas harga dan stok pangan jelang Ramadhan 2024

"Tentu ini sangat membantu sekali dan saya harapkan di forum ini bagi pengusaha lain, silahkan untuk memberikan hal yang sama seperti PT. Suri Nusantara Jaya. Tentunya Pemerintah tidak bisa membangun, bekerja sendiri tanpa bantuan pengusaha atau CSR," ucapnya.

Menurut dia, program sembako murah bertujuan untuk pemenuhan ketahanan pangan bagi masyarakat, salah satunya sebagai upaya pencegahan tengkes dan memastikan persediaan pangan bagi masyarakat.

Nantinya, program sembako murah juga akan menyasar ke kelurahan lain di Jakarta Timur guna pemerataan kebutuhan komoditas strategis itu bagi masyarakat.
 
"Ke depan, insyaallah kita akan lakukan terus di semua kelurahan yang ada di Jakarta Timur, ada 65 kelurahan. Bagaimana kita bisa menyejahterakan warga, sambil kita memastikan kebutuhan tercukupi, terpenuhi dengan baik, tentunya kaitannya pemenuhan gizi buruk, jangan sampai ada yang gizi buruk hingga sampai tengkes," kata Anwar.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta Suharini Eliawati, menyampaikan sebanyak 1.000 paket sembako murah yang disalurkan merupakan yang pertama kali melalui CSR. 

Baca juga: Pemprov DKI Jakarta gelar sembako murah di Duren Sawit

"Ini yang pertama dilakukan secara murni oleh CSR. Saya apresiasi pak wali kota yang telah memberikan inspirasi. Ini akan dilakukan terus menerus," ujarnya.

Sementara itu, Operational Manager PT. Suri Nusantara Jaya, Tony Adrian menambahkan, pendistribusian sembako murah tidak hanya dilakukan di Pulogadung, namun empat kelurahan lainnya, Kelurahan Makasar, Kelurahan Penggilingan, Kelurahan Ciracas dan Kelurahan Pondok Rangon.

"Masing-masing kelurahan akan didistribusikan 1.000 paket sembako murah," ucapnya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024