Jakarta (ANTARA) - Belum lama ini Samsung Indonesia kembali menghadirkan smartphone entry-level dengan memboyong Samsung Galaxy A15 ke Tanah Air.

Tersedia varian versi 4G dan 5G, juga dua pilihan memori internal, harga smartphone ini dimulai di bawah Rp3 juta, yakni Rp2,89 juta untuk varian 4G 128GB, hingga varian tertingginya Samsung Galaxy A15 5G 256GB seharga Rp3,59 juta.

Keduanya dibekali RAM 8GB, sangat besar di kelasnya dan tentu membuat performanya semakin kencang. Namun, bagaimana performanya dalam bermain gim?

Gim pertama yang kami coba adalah Mobile Legends: Bang Bang (MLBB), salah satu gim moba yang paling banyak digandrungi pemain Indonesia.

Baca juga: Samsung usung Galaxy A15 series unggulkan konektivitas NFC

Tidak banyak ekspektasi di awal perihal performa A15 di dalam gim, mengingat ini adalah smartphone entry-level. Namun, cukup mengejutkan, Samsung A15 menampilkan grafik yang begitu jernih dan mulus.

Tampaknya ini adalah jasa dari layar Super AMOLED resolusi FHD+ (Full HD Plus) dengan refresh rate 90Hz. Bahkan, ponsel ini dapat menjalankan gim MLBB dengan pengaturan grafis rata kanan, yakni frame rate pengaturan Super, dan Grafis kualitas Ultra. Cukup di luar ekspektasi.

Pengaturan gim Mobile Legends:Bang Bang pada Samsung Galaxy A15 (ANTARA/Pamela Sakina)
Gim Mobile Legends:Bang Bang pada Samsung Galaxy A15 (ANTARA/Pamela Sakina)
Angka-angka ini juga bukan sekadar gimik, pasalnya, selama lebih dari satu jam bermain di mode Ranked, tidak ada lag atau drop rate yang berarti, bahkan hampir tidak pernah terjadi.

Berhubung dibekali RAM 8GB dan ditenagai chip octa core, bermain gim MLBB di Samsung Galaxy A15 cukup menyenangkan tanpa “patah-patah”, tidak akan membuat kesal karena “terhenti” di tengah-tengah permainan.

Gim kedua yang kami coba adalah gim first person shooter (FPS) paling mainstream yakni PUBG Mobile. Sedikit kecil hati karena di gim ini Samsung Galaxy A15 hanya mampu menyetel kualitas grafis hingga HD, belum mencapai HDR, Ultra HDR, maupun Extreme HDR.

Namun, hal ini cukup terobati dengan penyetelan frame rate tertinggi yakni High, pengaturan yang paling dibutuhkan pada gim FPS.

Baca juga: Baterai Samsung Galaxy A15 dapatkan sertifikasi di Korsel

Gim PUBG Mobile pada Samsung Galaxy A15 (ANTARA/Pamela Sakina)
Meski hanya sampai pada HD, kualitas gambar HD juga tidak bisa dibilang buruk. Grafis yang ditampilkan tetap jelas dan jernih, meski tidak semulus pengaturan di atasnya.

Permainan juga berjalan dengan mulus tanpa gangguan drop rate yang berarti, meski sesekali terjadi. Kami menyarankan untuk menggunakan headset ataupun headphone untuk memainkan gim FPS di ponsel ini, mengingat ia hanya dibekali satu buah speaker di bawah, sehingga sulit mendeteksi jejak musuh dari segala sisi tanpa perangkat suara tambahan.

Hal yang menakjubkan dari Samsung Galaxy A15 adalah baterainya, yang mencapai 5.000 mAh. Bermain gim hingga berjam-jam baterai masih tersisa banyak, sehingga tidak perlu mengisi daya sembari bermain gim, kebiasaan buruk yang sering dilakukan para gamers.

Bermain gim performa tinggi hingga tiga jam dicampur menonton video di YouTube juga tidak membuat baterai terasa panas sama sekali, ini tentu perlu diacungi jempol.

Kesimpulannya, Samsung Galaxy A15 sangat mumpuni bagi pecinta gim yang hendak memboyong smartphone entry-level. Bila gawai ini bekerja dengan baik dalam menjalankan gim berat, ia juga mampu menjalankan tugas-tugas keseharian dan multi-tasking seperti berselancar di media sosial dan bertukar pesan.

Baca juga: POCO luncurkan HP khusus muda mudi harga mulai Rp1,3 juta

Pewarta: Pamela Sakina
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024