Jakarta (ANTARA) - Sejumlah musisi dari Korea Selatan, antara lain Jungkook BTS, Vernon SEVENTEEN, hingga Jeon Soyeon (G)I-DLE telah dipromosikan untuk bergabung sebagai anggota penuh dalam Asosiasi Hak Cipta Musik Korea (KOMCA).
 
Soompi, Kamis (1/2) waktu Korea Selatan, melaporkan sekitar 51 ribu komposer dan penulis lirik terdaftar sebagai anggota asosiasi per Januari 2024. Setiap pemegang hak cipta dapat bergabung dengan KOMCA sebagai anggota junior, tetapi dewan direksi memilih 30 anggota junior setiap tahunnya untuk dipromosikan sebagai anggota penuh di asosiasi ini.
 
Dari sana, ada 27 anggota terpilih dari kategori mainstream, sementara tiga sisanya dipilih dari kategori non mainstream. Korea Music Copyright Association atau KOMCA adalah organisasi nirlaba yang mewakili hak cipta dari pencipta musik di Korea Selatan.
KOMCA mengelola hak pertunjukan dan penyiaran publik, termasuk hak perekaman dan reproduksi mekanis. Ada sejumlah perlindungan KOMCA untuk para musisi di Korea Selatan, yakni lagu, lirik, serta komposisi musik.
 
Tahun ini, sejumlah musisi dari Korea Selatan berhasil masuk menjadi anggota penuh KOMCA. Ada Jungkook BTS, Jeon Soyeon (G)I-DLE, Vernon SEVENTEEN, Ahn Ji-young dari BOL4, Code Kunst, dan Ahn Ye-eun.
 
Tidak hanya itu, ada juga penulis lagu yang berhasil masuk sebagai anggota penuh KOMCA, antara lain 250, VERSACHOI, Lee Seuran, dan TOIL. Selamat untuk para anggota terpilih!

Baca juga: Jungkook BTS berkolaborasi bareng Justin Timberlake
 

Penerjemah: Vinny Shoffa Salma
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024