Jakarta (ANTARA) - Musisi asal Amerika Serikat Billy Joel akhirnya merilis karya orisinalnya kembali bertajuk “Turn The Lights Back On” setelah 17 tahun lamanya absen dari aktivitas penulisan lagu miliknya.

People, Kamis (1/2) waktu Amerika Serikat, melaporkan Joel merilis lagu “Turn The Lights Back On” setelah 17 tahun lamanya. Teaser lagu itu pertama kali diunggah oleh Joel melalui media Instagram pribadinya pada 22 Januari 2024.

I’m late, but I’m here right now and I’m trying to find the magic that we lost somehow (Aku terlambat, tapi aku di sini sekarang dan aku mencoba menemukan keajaiban yang hilang entah bagaimana),” merupakan bagian reffrain dari lagu “Turn The Lights Back On”.

Baca juga: Billy Joel dapat anugerah musik dari perpustakaan terbesar AS

Lirik pun berlanjut dengan, “Maybe I was blind, but I see you now as we’re laying here in the darkness. Did I wait too long to turn the lights back on? (Mungkin aku buta, tapi aku melihatmu sekarang saat kita berbaring di sini dalam kegelapan. Apakah saya menunggu terlalu lama untuk menyalakan lampu kembali?).”

“Turn The Lights Back On” merupakan lagu balada cinta sekaligus pesan untuk para penggemar setia Joel yang telah lama menunggu lagu baru darinya. Joel menulis lagu tersebut bersama Arthur Bacon, Wayne Hector, dan produser lagu Freddy Wexler.

Wexler telah mengerjakan lagu untuk sejumlah artis, antara lain Ariana Grande, Selena Gomez, hingga Post Malone. Bersamaan dengan perilisan video lirik dari lagu “Turn The Lights Back On”, Joel juga merilis lagu tersebut dalam bentuk vinyl 7 inci untuk edisi terbatas.

Rencananya, Joel akan membawakan lagu barunya itu secara langsung di ajang penghargaan Grammy pada 4 Februari 2024.

Baca juga: Tak ada grup idola K-pop di daftar nominasi Grammy Awards 2024

Sebelumnya, Joel sempat mengumumkan akan pensiun dari penulisan lagu tidak lama setelah perilisan albumnya pada tahun 1993 bertajuk “River of Dreams”.

Dalam sebuah wawancara tahun 2018, Joel mengatakan kepada Vulture bahwa dia memiliki ekspektasi yang lebih tinggi terhadap album tersebut dan kecewa karena gagal menghasilkan lebih dari satu lagu hit.

“Masalahnya adalah saya melakukan banyak pekerjaan di ‘River of Dreams’ dan seolah-olah bisnis tersebut telah meninggalkan saya karena ada banyak lagu penting di album itu yang tidak pernah kemana-mana. Jadi saya berkata, 'Apa gunanya menulis dan merekam jika itu tidak berarti apa yang seharusnya ada di dunia?'” katanya.

Dia melanjutkan, “Sudah waktunya. Saya tidak bisa menjadi sebaik yang saya inginkan dan itu membuat saya gila. Saya membuat orang yang saya cintai gila. Saya pikir, ini konyol. Jadi, saya berhenti,” katanya saat itu.

Selama lima dekade karirnya, Joel telah mengumpulkan diskografi karya yang berhasil sukses besar. Karya-karyanya itu, antara lain “Piano Man”, “New York State of Mind”, “Only the Good Die Young”, “Movin' Out (Anthony's Song)”, “We Didn’t Start the Fire”, “Just the Way You Are”, “Scenes from an Italian Restaurant”, “Big Shot”, “It's Still Rock and Roll to Me”, “Uptown Girl”, “The Longest Time”, “Vienna”, “My Life”, dan “Only the Good Die Young.”

Pada tahun 2007, Joel merilis karya baru terakhirnya bertajuk "All My Life" yang ditulis untuk istrinya saat itu, Katie Lee dan "Christmas in Fallujah” yang berkolaborasi dengan musisi Cass Dillon.

Di tahun 2007, Joel hanya merilis lagu cover dari musisi lain, seperti "Hey Girl" milik Carole King dan “To Make You Feel My Love" milik Bob Dylan.

Kini, “Turn The Lights Back On” sudah dapat didengar melalui aplikasi streaming musik dan kanal YouTube resmi miliknya.

Baca juga: SZA hingga Taylor Swift dominasi nominasi Grammy Awards 2024

Baca juga: Billie Eilish, Dua Lipa, Olivia Rodrigo akan tampil di Grammy Awards

Baca juga: Daftar lengkap nominasi Grammy Awards 2024

Penerjemah: Vinny Shoffa Salma
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024