... Kita baru saja beberapa bulan ini melaksanakan kampanye yang penuh dengan semangat, penuh dengan kontestasi, kadang-kadang penuh dengan kata-kata keras, tetapi itikad kami baik, saya kira tiga pasangan calon ingin yang terbaik untuk rakyat Indone
Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, mengucapkan permohonan maaf kepada dua rivalnya, yaitu capres-cawapres nomor urut 01 dan 03 saat menyampaikan pernyataan penutup pada penghujung debat kelima Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta, Jakarta, Minggu.

Dia yang mewakili pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, serta Koalisi Indonesia Maju menyampaikan mereka hanya ingin berbuat yang terbaik untuk bangsa Indonesia dan menjaga kerukunan, persatuan, serta kekeluargaan antarsemua kelompok masyarakat.

"Kita baru saja beberapa bulan ini melaksanakan kampanye yang penuh dengan semangat, penuh dengan kontestasi, kadang-kadang penuh dengan kata-kata keras, tetapi itikad kami baik, saya kira tiga pasangan calon ingin yang terbaik untuk rakyat Indonesia," kata dia.

Baca juga: Prabowo: Makan gratis mutlak untuk rakyat

"Saya atas nama Prabowo-Gibran, atas nama Koalisi Indonesia Maju minta maaf kepada pasangan calon nomor urut 01, Pak Anies, Pak Muhaimin, dan pasangan calon nomor urut 03 Pak Ganjar dan Pak Mahfud seandainya dalam kampanye ini ada kata-kata kami atau perbuatan kami yang kurang berkenan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya," kata dia, didampingi oleh pasangannya, Gibran Rakabuming Raka, yang turut menunjukkan gestur memohon maaf.

Dalam kesempatan yang sama, Prabowo juga meminta maaf kepada KPU seandainya ada perbuatan dia dan Gibran yang kurang pas.

"Kami juga minta maaf ke KPU seandainya kami juga bertindak yang kurang pas, keinginan kami untuk berbuat yang terbaik. Kami selalu berjuang untuk yang terbaik. Saudara-saudara sekalian yang penting kita harus menegakkan kerukunan, persatuan, kekeluargaan di antara semua unsur dan kalangan bangsa Indonesia, terutama adalah kerukunan di antara pemimpin-pemimpin Indonesia," kata dia.

Baca juga: Anies: Kampus Merdeka bukan berarti “merdeka” naikkan biaya UKT

Capres nomor urut 02 itu menegaskan terlepas dari perbedaan sikap antara dua rivalnya dia meyakini dirinya, Anies, dan Ganjar sama-sama berjuang untuk kepentingan rakyat Indonesia.

"Saya tetap menganggap Mas Anies, Mas Muhaimin, Pak Ganjar, Pak Mahfud adalah saudara-saudara saya sendiri. Kita berjuang untuk bangsa Indonesia. Kita berjuang, karena cinta kita kepada rakyat Indonesia," kata Prabowo.

Prabowo ingin mengakhiri nuansa ketegangan antara dia dan dua rivalnya dengan meminta maaf pada penghujung debat kelima Pilpres 2024. Ketegangan antara Prabowo dan dua rivalnya itu, khususnya Anies, terlihat selepas debat ketiga pada 7 Januari 2024.

Dalam beberapa kegiatan kampanyenya selepas debat ketiga, Prabowo kerap menyinggung skor rendah yang diberikan Anies atas kinerja Prabowo sebagai menteri pertahanan. Terkadang, Prabowo kerap melontarkan sindiran-sindiran atas rivalnya yang memberikan skor rendah itu.

Baca juga: Tip pilih pemimpin, Ganjar kutip pernyataan Jokowi pada Pilpres 2019

Debat kelima yang diikuti tiga capres malam ini menjadi rangkaian penutup acara debat yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU RI). Lima sesi debat yang diikuti secara bergantian oleh capres dan cawapres merupakan forum resmi yang digelar oleh KPU untuk tiga pasangan calon berkampanye dan adu gagasan. Debat-debat sebelumnya berlangsung pada 12 Desember 2023, 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, dan 21 Januari 2024.

Debat terakhir, yang menjadi penghujung rangkaian debat Pilpres 2024 mengangkat tema-tema seperti pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, serta kesejahteraan sosial dan inklusi.

KPU menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 01, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 02, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 03.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024