Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan mulai melaksanakan proyek revitalisasi lapangan Karebosi yang dianggarkan senilai Rp63,5 miliar dikerjakan oleh pemenang tender PT Arkindo dengan membangun fasilitas olahraga dan rekreasi di lokasi jantung kota setempat.

"Karebosi ini dulunya menjadi pusat lahan pertanian dan bermetamorfosa menjadi pusat olahraga dan kegiatan-kegiatan sosial. Jadi gambarnya adalah menjadi pusat olahraga yang akan kita banggakan," ujar Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto disela peletakan batu pertama revitalisasi lapangan Karebosi, Senin.

Lapangan Karebosi ini hadir dengan wajah baru dilengkapi dengan enam lapangan bola. Yaitu, dua lapangan sepak bola, empat lapangan berukuran kecil yang akan digunakan untuk anak-anak latihan.

Lapangan ini dihadirkan mengingat talenta Makassar merupakan kota yang banyak melahirkan atlet sepak bola salah satunya Ramang legenda sepakbola asal Makassar. Sehingga sarana dan prasarana yang menunjang bakat anak-anak generasi pelanjut menjadi hal penting.

Baca juga: Pemkot buka Lapangan Karebosi Makassar untuk Shalat Idul Fitri 1443 H

"Semua (lapangan sepakbola) ini berbasis rumput sintetik dan berstandar internasional, dan ini bisa kita klaim terbesar di kota-kota besar," ujar pria di sapa akrab Danny Pomanto ini.

Selain memperbaiki sarana olahraga, kata Danny, revitalisasi ini juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung lainnya yang dapat dinikmati selama 24 jam. Dan bagi warga kota yang bekerja dari pagi hingga sore hari bisa menyempatkan diri berolahraga sepulang kerja di lapangan Karebosi.

"Akhir tahun ini kita punya fasilitas olahraga dan sarana rekreasi yang sangat baik dan bersandar internasional, itulah Karebosi. Untuk itu, saya memohon maaf kepada masyarakat kita tutup lapangan Karebosi ini ditutup sementara sampai akhir tahun" tuturnya.

Hal senada disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Makassar Andi Tenri Lengka menyebutkan konstruksi proyek revitalisasi lapangan Karebosi dikerjakan PT Arkindo. Proyek pembangunan konstruksi hingga selesai direncanakan selama 365 hari sejak penandatangan kontrak antara Pemkot dan PT Arkrindo dimulai 11 Desember 2024 sampai 14 Desember 2024.

Baca juga: Operasi Ketupat Lebaran Sulsel kerahkan 4.409 personel gabungan

"Kita berharap revitalisasi lapangan Karebosi sesuai dengan perencanaannya berdaya guna dengan baik serta bermanfaat bagi masyarakat Sulsel, khususnya Kota Makassar," kata Engka menambahkan.

Acara tersebut di hadiri Pj Sekda Makassar dan sejumlah pejabat daerah Makassar, Kapolrestabes Makassar, Kepala Kejari Kota Makassar, Danramil Kota Makassar, Danyon Brimob Polda Sulsel, Ketua KONI, serta jajaran pejabat Organisasi Perangkat Daerah.

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024