Bencana banjir juga terjadi di wilayah Kabupaten Demak, Jawa Tengah akibat tanggul sungai yang rusak. Diperkirakan sekitar 4.000 rumah warga tergenang air yang tersebar di lima desa
Jakarta (ANTARA) - Beberapa kabar humaniora pada Selasa kemarin (6/2) masih menarik untuk disimak pada Rabu, mulai dari kabar mengenai tanggul sungai jebol di Kabupaten Grobogan Jawa Tengah akibat hujan deras yang juga merendam rumah masyarakat.

Terdapat juga berita mengenai ribuan rumah serta ratusan areal pertanian terendam banjir akibat tanggul sungai yang rusak di wilayah Kabupaten Demak, Jateng. Serta kabar mengenai Gunung Semeru yang kembali erupsi, kemeriahan Tahun Baru Imlek 2024 serta Presiden menyebut penghargaan Zayed Award for Human Fraternity untuk NU dan Muhammadiyah menjadi kebanggaan Indonesia.

Berbagai kabar menarik itu dapat disimak dalam ringkasan ini,

1. BPBD: Tanggul Sungai Jragung Grobogan jebol akibatkan banjir Tanggul Sungai Jragung di Kabupaten Grobogan mengalami kerusakan akibat tidak kuat menahan debit air yang besar karena curah hujan yang tinggi. Akibatnya, air menggenangi rumah dan areal pertanian milik warga.

Beberapa desa di wilayah setempat juga mengalami banjir setelah curah hujan yang tinggi mengakibatkan wilayah sungai tidak dapat menampung air yang akhirnya juga berdampak pada akses jalan masyarakat.

2. 4.000 rumah di Kabupaten Demak terdampak banjir Bencana banjir juga terjadi di wilayah Kabupaten Demak, Jawa Tengah akibat tanggul sungai yang rusak. Diperkirakan sekitar 4.000 rumah warga tergenang air yang tersebar di lima desa. Kejadian itu mengakibatkan warga mengungsi dari rumah mereka.

Selain rumah, ratusan hektare areal persawahan juga terdampak akibat kenaikan debit air menyusul kiriman air dari wilayah hulu sungai.

3. Gunung Semeru kembali erupsi luncurkan abu setinggi satu kilometer Gunung Semeru di Jawa Timur kembali erupsi dan melontarkan abu vulkanik setinggi sekitar satu kilometer dari puncak gunung tersebut.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG) mengimbau masyarakat agar tidak melakukan aktivitas apapun di wilayah tenggara gunung api tertinggi di Pulau Jawa tersebut. Yaitu sepanjang Besuk Kobokan yang berada 13 kilometer dari pusat erupsi.

4. Kemeriahan Tahun Baru Imlek 2024 yang kian terasa Sejumlah wilayah sudah mulai "bersolek" menjelang Tahun Baru Imlek 2024, termasuk di setiap sudut DKI Jakarta, terutama di lokasi yang memiliki banyak komunitas Tionghoa.

Simak beberapa hal menarik terkait Imlek yang mewarnai berbagai sudut Jakarta mulai dari makanan hingga kesenian tradisional.

5. Presiden: Penghargaan Zayed Award kebanggaan bagi NU-Muhammadiyah Presiden RI Joko Widodo menyebut penghargaan Zayed Award for Human Fraternity yang diberikan kepada Nahdlatul Ulama (NU) serta Muhammadiyah menjadi kebanggaan, bukan hanya bagi kedua organisasi tapi juga rakyat Indonesia.

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024