Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat memaksimalkan posko layanan kesehatan saat pelaksanaan pemilu pada 14 Februari 2024.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Mataram H Emirald Isfihan di Mataram, Rabu, mengatakan, posko-posko kesehatan di puskesmas akan dimaksimalkan untuk menjamin layanan kesehatan bagi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) selama bertugas.

"Tidak hanya tanggal 14 saja, melainkan juga tanggal 15 Februari 2024. Petugas kesehatan kita optimalkan mengawal proses pemilu pada 14-15 Februari," katanya.

Hal tersebut disampaikan Emirald menanggapi hasil rapat koordinasi Desk Pemilu 2024 Kota Mataram, di mana Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana meminta agar petugas kesehatan siaga di posko kesehatan, menambah petugas di IGD setiap puskesmas serta melakukan pemantauan keliling atau patroli ke 1.248 tempat pemungutan suara (TPS) se-Kota Mataram.

Emirald memastikan selama pelaksanaan Pemilu 2024 layanan prioritas di puskesmas tetap buka 24 jam dan layanan kesehatan keliling disiapkan dengan menggunakan mobil ambulans 11 puskesmas se-Kota Mataram.

Baca juga: DKI siapkan faskes jiwa bagi peserta pemilu di puluhan Puskesmas-RSUD

Baca juga: Kemenkes siagakan operasional puskesmas 24 jam saat pemungutan suara


Dengan demikian, apabila ada gangguan kesehatan yang dialami baik oleh petugas KPPS, warga, ataupun petugas lainnya, silakan langsung ke puskesmas terdekat.

"Petugas kami siap berikan layanan maksimal, dan kita siap kawal Pemilu 2024 tanpa mengganggu layanan prioritas di puskesmas. Jika membutuhkan tindakan lebih lanjut, kita akan rujuk ke rumah sakit," katanya.

Apalagi semua anggota KPPS saat ini sudah memiliki jaminan sosial untuk BPJS Ketenagakerjaan sebagai bagian menjamin keselamatan kerja anggota KPPS.

Lebih jauh Emirald mengatakan, sebelumnya kerja sama dengan KPU sudah dilaksanakan berupa pemeriksaan kesehatan gratis kepada petugas KPPS.

"Sebanyak 11.223 KPPS sudah kita skrining kesehatan, yang menjadi bagian upaya mengurangi risiko gangguan kesehatan saat bertugas nanti," katanya.

Baca juga: Legislator minta puskesmas cek kesehatan KPPS sebelum pemilu

Baca juga: Jakpus sediakan faskes jiwa di puskesmas dan RS bagi peserta pemilu

 

Pewarta: Nirkomala
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024