Jakarta (ANTARA) - Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, pada hari libur nasional dalam rangka Isra Mikraj dan Imlek serta akhir pekan dikunjungi sebanyak 108 ribu wisatawan dengan puncak jumlah kunjungan terjadi di Sabtu (10/2).

"Kunjungan paling banyak terjadi pada kemarin (Sabtu)," kata Staf Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (Humas) Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, kunjungan wisatawan ke Taman Margasatwa Ragunan pada libur nasional dan akhir pekan meningkat bila dibandingkan pada hari biasanya.

Ia menjelaskan bahwa rerata kunjungan wisatawan untuk hari biasa berada di kisaran 3.000 sampai 5.000 orang. Tapi pada awal libur panjang akhir pekan bertepatan dengan libur Isra Miraj, kunjungan wisatawan tembus 27.964 orang.

Pada hari Jumat (9/2) kunjungan wisatawan menurun dibandingkan sehari sebelumnya, namun masih lebih banyak bila dibandingkan hari biasa, yaitu mencapai 15.326 orang.

Baca juga: Libur Isra Mikraj, Taman Margasatwa Ragunan dikunjungi 27.964 orang
Baca juga: Taman Margasatwa Ragunan bersolek jelang Imlek 2024


Pada hari Sabtu (10/1) menjadi puncak kunjungan wisatawan ke Taman Margasatwa Ragunan dengan jumlah pengunjung sebanyak 34.104 orang.

"Untuk hari terakhir ini ada 31.286 wisatawan yang berkunjung," katanya.

Pada hari libur ini, pihaknya menyiagakan petugas dan berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk membantu para pengunjung terutama lalu lintas di sekitar Ragunan.

"Kami dibantu pihak Kepolisian untuk mengatur lalu lintas di sekitar kawasan Ragunan," ujarnya.

Sebelumnya, Taman Margasatwa Ragunan bersolek dengan memasang sejumlah lampion dan pernak pernik perayaan Tahun Baru Imlek 2024. Pernak-pernik Imlek dipasang di sudut-sudut yang ramai oleh pengunjung serta loket-loket tiket.

Bambang mengatakan bahwa pada perayaan Imlek 2024, juga sama dengan perayaan hari besar keagamaan lainnya seperti Lebaran Idul Fitri dan Natal. "Ini serupa ketika ada libur hari keagamaan seperti Lebaran maupun Natal," tuturnya.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024