Tangerang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Banten, menggelar gebyar deteksi dini kanker leher rahim dan kanker payudara (IVA test dan Sadanis) secara gratis selama bulan Februari 2024 di seluruh puskesmas di Kota Tangerang.

Kepala Dinkes Kota Tangerang dr. Dini Anggraeni di Tangerang, Selasa, mengatakan kegiatan ini bertujuan mengurangi morbiditas dari penyakit dengan pengobatan dini terhadap kasus-kasus yang ditemukan untuk mengetahui kelainan pada leher rahim wanita.

Baca juga: Tangerang gencarkan IVA test, cegah kasus kanker serviks meningkat

Oleh karena itu, masyarakat dapat memanfaatkan program ini untuk mengetahui sedini mungkin apabila terdeteksi kanker leher rahim atau payudara.

"Apalagi layanan pemeriksaan IVA test dan Sadanis dapat dilakukan di 39 puskesmas di Kota Tangerang secara gratis,” katanya.

Baca juga: Pemprov PBD perkuat SDM nakes deteksi dini kanker serviks dan payudara

Ia menambahkan, untuk mendapatkan layanan IVA test dan Sadanis secara gratis, masyarakat hanya perlu membawa foto copy KTP atau BPJS Kesehatan.

Selain itu, pada saat pemeriksaan tidak dalam kondisi hamil, belum menopause, dan tidak berhubungan seksual 24 jam sebelumnya.

Baca juga: Spesialis ingatkan pentingnya deteksi kanker payudara sejak dini 

Masyarakat dapat melihat jadwal poli kandungan di masing-masing puskesmas terdekat. "Program ini dikhususkan bagi wanita usia subur, yakni 30-50 tahun yang telah menikah atau aktif secara seksual,” katanya.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024