KENDARI (ANTARA) - Sebanyak 242 peserta (siswa) mengikuti pendidikan pembentukan Bintara Polri gelombang I 2024 di Sekolah Polisi Negara (SPN) Anggotoa Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) di Kabupaten Konawe.

Wakil Kepala Polda Sultra Brigjen Pol Dwi Iriyanto dalam sambutan pembukaan pendidikan tersebut di Konawe, Selasa, menyampaikan ucapan selamat kepada 242 siswa yang lulus seleksi dan ditetapkan sebagai peserta didik dalam Pendidikan Pembentukan Bintara.

Perjuangan para calon bintara muda tersebut belum berakhir, justru sebaliknya, itu awal dari perjalanan panjang mereka untuk menjadi insan tribrata yang profesional, bermoral, serta memiliki integritas dan mental yang kuat.

Baca juga: Pendaftar Calon Bintara Polda Sultra 1.037 Orang

“Selamat datang di SPN Polda Sultra, kalian akan menimba ilmu, dididik, ditempa, serta dilatih selama lima bulan ke depan untuk menjadi polisi yang berkualitas,” kata Brigjen Pol Dwi Iriyanto.

Dia menyebutkan para peserta didik tersebut harus memiliki tekad dan keyakinan yang kuat, sebab dengan itu mereka dapat mengikuti dan menyelesaikan seluruh rangkaian pendidikan yang baik dan bisa keluar menjadi abdi negara.

"Para calon bintara muda dihadapkan dengan berbagai rangkaian kegiatan pendidikan dan latihan yang cukup berat serta melelahkan. Namun, semua usaha keras ini akan membentuk karakter dan kualitas sebagai seorang polisi yang siap menghadapi berbagai tantangan di lapangan," ujarnya.

Brigjen Pol Dwi Iriyanto menjelaskan pendidikan ini tidak hanya memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar kepolisian, tetapi juga penguasaan teknis dan taktis yang diperlukan dalam menjalankan tugas-tugas mulia kepolisian.

"Dalam perjalanan pendidikannya, para siswa akan dilatih menjadi sosok yang tangguh, profesional, dan siap menghadapi situasi apapun yang dihadapinya nanti," ujarnya.

Baca juga: Bintara Polda Sultra tewas diduga dianiaya seniornya

Baca juga: Siswa bintara SPB Polda Sultra meninggal dunia


Dia berpesan kepada seluruh peserta untuk mempersiapkan fisik dan mental sebaik mungkin selama mengikuti pendidikan.

Ia menekankan agar dihindari pelanggaran sekecil apapun dan patuh pada seluruh peraturan yang berlaku.

"Disiplin, semangat, tekad yang kuat, serta motivasi yang tinggi adalah kunci untuk mencapai kesuksesan dalam proses pendidikan ini," ucapnya.

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024