Makassar (ANTARA) - Program Studi Doktor (S3) Ilmu Pertanian pada Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin berhasil mencatatkan prestasi membanggakan dengan meraih Sinta Score tertinggi di antara 23 program studi serupa di Indonesia.

Hal ini sesuai dengan hasil yang dikeluarkan oleh portal resmi SINTA - Science and Technology Index (kemdikbud.go.id).

Ketua Program Studi S3 Ilmu Pertanian Unhas Prof Dr sc Baharuddin di Makassar, Selasa, menjelaskan skor keseluruhan yang diperoleh adalah 28.447 dan skor 3 tahun terakhir (3Yr) sebesar 9.030, nilai ini jauh lebih tinggi dari program studi yang sama di universitas lainnya.

Menurutnya, hal ini juga sebagai penegasan posisi Prodi S3 Ilmu Pertanian sebagai pemimpin dalam bidang penelitian dan pendidikan pertanian di Indonesia.

Baca juga: Mahasiswa Unhas-UINAM terima bantuan dana pendidikan dari Polri

Baca juga: Tiga prodi Unhas lolos verifikasi PK-KM 2024 senilai Rp5,7 M


Lebih lanjut, Prof Baharuddin juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah memberikan kontribusi dalam penguatan artikel ilmiah berkualitas yang dihasilkan.

Menurutnya, capaian ini tidak terlepas dari dukungan pimpinan universitas dan Sekolah Pascasarjana, serta dosen dan mahasiswa yang berkontribusi besar menghasilkan artikel pada jurnal internasional yang bereputasi maupun jurnal nasional yang terindex sinta.

Skor yang diperoleh mencerminkan komitmen kuat terhadap penelitian berkualitas tinggi dan kontribusi signifikan terhadap ilmu pengetahuan, khususnya di bidang pertanian.

"Prestasi ini tidak hanya menempatkan S3 Ilmu Pertanian SPS Unhas pada peta pendidikan tinggi dan penelitian di Indonesia, tetapi juga meningkatkan reputasinya di kancah internasional,” kata Prof Baharuddin.

Dengan skor Sinta yang jauh meninggalkan pesaingnya, program ini menunjukkan potensinya dalam menghasilkan inovasi dan penelitian yang dapat berkontribusi pada pengembangan sektor pertanian di Indonesia dan di dunia.

Melalui dukungan yang berkelanjutan, diharapkan akan terus mempertahankan dan bahkan meningkatkan standar kualitas, menjadikan sebagai pusat keunggulan dalam bidang ilmu pertanian di Indonesia.

Sinta Score merupakan sistem penilaian kinerja ilmiah para peneliti dan institusi di Indonesia, mengukur kualitas dan produktivitas akademis berdasarkan publikasi ilmiah dan sitasi.

Universitas Hasanuddin berkomitmen untuk terus mendukung Program Studi S3 Ilmu Pertanian dan program-program lainnya dalam mencapai standar akademis yang lebih tinggi.

Prestasi ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi seluruh civitas akademika Unhas untuk terus meningkatkan kualitas penelitian dan pendidikan, sekaligus memberikan kontribusi yang berarti bagi masyarakat.*

Baca juga: Unhas dan KKP dorong ketahanan pangan sektor kelautan dan perikanan

Baca juga: PKK Pinrang gandeng FKG Unhas gelar operasi celah bibir dan lelangit

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024