Medan (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) memastikan stok bahan bakar minyak (BBM) di wilayahnya aman saat Pemilu 2024 berlangsung pada 14 Februari.

"Saat ini, kami masih memiliki 'buffer stock' yang cukup untuk 10 hari ke depan. Itu belum termasuk pasokan dari kapal tanker yang terus datang secara bertahap," ujar Area Manager Communication, Relation and CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Susanto August Satria, di Medan, Sumatera Utara (Sumut), Selasa.

Meski demikian, Susanto menegaskan bahwa pihaknya tetap mewaspadai semua kemungkinan terkait penyaluran BBM di masyarakat.

BBM, katanya lagi, merupakan salah satu kebutuhan prioritas yang ketersediaannya sangat penting untuk menggerakkan kehidupan.

Oleh karena itu, Pertamina Patra Niaga Sumbagut menjalin kerja sama erat dengan Polri dan TNI.

"Kami mengantisipasi hal-hal terkait keamanan saat masa pencoblosan. TNI dan Polri akan menyokong kami dalam penyaluran BBM," ujar Susanto pula.

Kemudian, Pertamina Patra Niaga Sumbagut juga membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pemilu yang bertugas pada 5-18 Februari 2024 untuk memastikan kelancaran distribusi BBM serta mendukung pesta demokrasi yang aman dan damai.

Satgas tersebut, Susanto menambahkan, sebelumnya telah memetakan wilayah-wilayah yang rawan akan hambatan distribusi BBM.

"Dari awal, kami misalnya memetakan jalur-jalur kampanye, wilayah yang dikunjungi tokoh-tokoh politik, sehingga di sana kami menyiapkan 'buffer stock'. Hasilnya, sampai saat ini tidak ada laporan dari masyarakat dan kontestan pemilu yang menyebut adanya kekurangan BBM," kata dia lagi.

Sebelumnya, sampai dengan 8 Februari 2024, Pertamina Patra Niaga Sumbagut menyatakan bahwa stok BBM bersubsidi di wilayahnya, yakni biosolar ada 40.214 kiloliter, dan pertalite 18.533 kiloliter, sedangkan LPG ada 5.099 metrik ton (MT). Semua itu dalam status aman.

Pemilu 2024 digelar pada 14 Februari 2024, dengan rakyat Indonesia melakukan pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, DPD, DPRD provinsi serta DPRD kabupaten-kota.
Baca juga: Pertamina menjamin stok BBM di Riau selama natal 
Baca juga: Pertamina: Stok bahan bakar di Sumut dari BBM sampai avtur aman

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024