Jakarta (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tamansari di Jakarta Barat menyediakan layanan konsultasi kesehatan, khususnya kesehatan mental gratis dengan BPJS untuk calon legislatif (caleg), tim sukses (timses), petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), dan partisipan Pemilu 2024. 

"Pasien akan dikenakan tarif untuk konseling dengan psikiater sebesar Rp60 ribu, dan jika pasien mendapat rujukan BPJS dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), layanan konsultasi dapat dilakukan secara gratis," kata Kepala Seksi Pelayanan Medik RSUD Tamansari dr. Ngabila Salama, MKM kepada ANTARA, Kamis.

Pasien dapat melakukan konsultasi masalah kesehatan mental dengan mendaftarkan diri melalui nomor telepon 085892481576. Nantinya, konseling pasien akan disesuaikan dengan jadwal praktik psikiater yang bertugas pada hari Senin-Sabtu pukul 12:00-21:00 WIB.

Baca juga: Kawal kesehatan KPPS, petugas puskesmas di Sultra diminta jaga di TPS

“RSUD kami juga berencana membuka layanan konsultasi online by zoom selama 15 menit per pasien sebagai penapisan awal kasus, untuk memutuskan apakah perlu tatap muka dengan psikiater RSUD Tamansari untuk konseling dan pengobatan atau tidak,” katanya.

RSUD Tamansari pada kondisi tertentu yang terkontrol juga merawat pasien dengan gangguan jiwa yang memerlukan rawat inap, seperti skizofrenia, skizoafektif, bipolar, gangguan mental organik, dan lainnya.

Jika tidak memungkinkan, RSUD Tamansari akan merujuk pasien ke RS Soeharto Heerdjan, Jakarta Barat atau Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Duren Sawit di Jakarta Timur.

“Petugas KPPS, panitia penyelenggara pemilu, caleg, tim sukses, partisipan Pemilu, juga masyarakat umum, jangan takut. Semua masalah fisik dan mental dapat ditatalaksana secara gratis dengan BPJS!” kata Ngabila.

Baca juga: Puskesmas di Lebak buka 24 jam layani kesehatan petugas pemilu

Penanganan pasien yang memiliki masalah kesehatan mental akan dilakukan secara berjenjang, mulai dari konsultasi ke Puskesmas pembantu (pustu), Puskesmas kecamatan, RSUD / RS tipe D dan C, hingga dilanjutkan ke RS tipe B dan A jika diperlukan.

“Ayo pastikan BPJS aktif untuk ke depannya agar mudah jika ada keluhan kesehatan dan gratis,” ujar dia.

Menariknya, RSUD Tamansari akan menggelar layanan uji stres gratis bagi 100 orang pendaftar. Layanan uji stres tersebut bekerja sama dengan Rumah Sakit (RS) Soeharto Heerdjan.

“Kami menyediakan layanan uji stres gratis (biasanya dihargai sebesar Rp250 ribu) pada Selasa, 20 Februari 2024 di RSUD Tamansari. Silakan isi di bit.ly/skriningjiwarsudtamansari," kata Ngabila menginformasikan.

Nantinya, pasien akan mendapat interpretasi hasil tes dengan alat Heart Rate Variability (HRV) oleh psikiater dan psikolog klinis terkait, serta mendapat penyuluhan dari mereka.

Baca juga: Dinkes Bali pastikan puskesmas siap 24 jam untuk petugas pemilu

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024