Para pelaku UMKM mustahik melalui program ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan ekonominya dan menjadikan mereka menjadi muzaki di kemudian hari
Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI menghadirkan ZCorner di Rest Area KM 72 A, Jalan Tol Cipularang, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, demi mendukung perekonomian usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan.

"Para pelaku UMKM mustahik melalui program ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan ekonominya dan menjadikan mereka menjadi muzaki di kemudian hari," kata Ketua BAZNAS RI Noor Achmad dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Konsep ZCorner merupakan upaya kolaboratif untuk mengumpulkan UMKM binaan BAZNAS dan produk UMKM lainnya sebagai produk oleh-oleh yang telah mendapatkan sertifikasi halal dalam satu lokasi pemasaran.

Melalui ZCorner, BAZNAS memberikan dukungan dengan memberdayakan UMKM melalui pemasaran yang terorganisasi, bertema Zona Halal.

Noor menyebut ZCorner adalah bentuk kolaborasi baik antara rest area, pemilik, mustahik sekitar, dan UMKM, sehingga apa yang sudah dilakukan akan direplikasi dan dikembangkan di tempat lain.

Menurutnya, Zona Halal di Rest Area KM 72 A juga sebagai proyek percontohan yang akan mendorong pemasaran usaha ZCoffee, ZMart, dan ZChicken oleh mustahik binaan BAZNAS.

ZCorner ini bukan sekadar sebuah program, tapi juga sebuah visi untuk membantu UMKM yang menjadi salah satu tulang punggung ekonomi masyarakat rentan.

"Pilihan Rest Area KM 72 A bukan tanpa alasan. Dengan jumlah pengunjung mencapai ribuan saat musim liburan dan momen-momen penting lainnya, Rest Area KM 72 A menjadi tempat strategis untuk mengenalkan produk-produk UMKM kepada khalayak luas, termasuk pengendara individu, mobil travel, dan bus," kata Noor.

Staf Ahli Menteri Koperasi & UKM Bidang Hubungan antar Lembaga Muhammad Riza Damanik menyebut ZCorner sebagai sebuah terobosan yang positif, dan merupakan bentuk kolaborasi banyak pihak untuk mencapai tujuan kebaikan di tengah masyarakat.

"Kami senang, dan bagus sekali kolaborasi dengan BAZNAS. Ini bisa kita perluas karena kebijakan, infrastruktur, dan kemitraannya sudah ada," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Krida Bangun Persada selaku Pengelola Rest Area KM 72 A Jimmy Leo Tjandra mengatakan, hadirnya ZCorner ini menjadi peluang bagus untuk memajukan UMKM lokal. Terlebih Rest Area KM 72 A sering mengadakan kegiatan yang dihadiri banyak pengunjung.

"Salah satu target kita adalah meningkatkan komunitas. Ada berbagai komunitas dan event di rest area ini. Contohnya di Rampest -Ramadhan Festival-, itu yang datang bisa 20 ribu kendaraan. Dengan angka tersebut, bisa dibayangkan peluangnya," kata Jimmy.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024