Beijing (ANTARA News) - Polisi China telah diperingatkan agar tidak minum secara berlebihan dan membuat masalah, atau mengunjungi tempat hiburan seperti klub malam, sementara pemerintah bergerak untuk membina hubungan lebih erat antara polisi dan masyarakat.

Polisi tak diperkenankan menutup mata pada masalah dan bahaya yang dihadapi rakyat, demikian instruksi disiplin tiga pasal yang dikeluarkan oleh Kementerian Keamanan Masyarakat pada Minggu (29/9).

Kementerian tersebut menyatakan sangat sedikit polisi tidak melaksanakan disiplin diri, dan bahkan telah melanggar hukum dan peraturan, sehingga mencoreng citra polisi dan sangat merusaka hubungan antara polisi dan rakyat.

Menurut kementerian itu, mereka yang melanggar ketentuan disiplin itu akan menerima hukuman mulai dari kurungan sampai pemecatan dari jabatan mereka, demikian laporan Xinhua. Atasan polisi yang melanggar peraturan juga akan dianggap bertanggung-jawab.

Tindakan untuk meningkatkan gaya kerja yang baik di kalangan polisi itu dilakukan sebagai bagian dari aksi "massal" yang lebih menyeluruh guna meningkatkan hubungan antara pejabat, anggota partai, dan massa.

Pada saat yang sama pemerintah berusaha membersihkan gaya kerja yang tak diinginkan seperti formalisme, birokrasi, foya-foya dan berlebihan.

Kampanye satu tahun itu diluncurkan pada Juni oleh para pemimpin China.


Penerjemah: Chaidar Abdullah

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013